Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Barclays Premiere League

Chelsea Atasi Perlawanan Reading
Oleh : dd/goal
Kamis | 23-08-2012 | 11:12 WIB

LONDON, batamtoday - Chelsea membukukan kemenangan kedua di ajang Liga Primer Inggris setelah menaklukkan tim promosi Reading 4-2 di Stamford Bridge, Kamis (23/8/2012) dinihari WIB.


Kendati sempat dibuat kewalahan oleh para punggawa Reading, Chelsea toh sukses meraup tiga angka untuk membawa mereka ke puncak klasemen Liga Primer, setelah akhir pekan lalu mereka berhasil menang 2-0 atas Wigan Athletic.

The Blues mengawali laga dengan meyakinkan dan memperoleh sejumlah peluang emas di awal babak pertama. Termasuk melalui pergerakan brilian Fernando Torres di kotak penalti dengan melewati penjagaan beberapa punggawa Reading. Sayang, bomber Spanyol tidak berhasil menyelesaikan peluang dengan baik.

Sebelumnya, Ramires juga sempat mengancam gawang Adam Federici setelah dirinya menyambut umpan Juan Mata ke sisi kanan. Sayang, tendangan Ramires masih terlalu mudah untuk diantisipasi Federici.

Namun, memasuki menit 18, Chelsea mendapatkan gol yang mereka nantikan lewat titik putih. Berasal dari pelanggaran bek The Royals, Chris Gunter, terhadap Eden Hazard, wasit Lee Mason tanpa ragu memberikan hadiah penalti kepada tuan rumah. Frank Lampard yang dipercaya menjadi algojo melakukan tugasnya dengan baik untuk membawa Chelsea unggul 1-0.

Sial bagi Chelsea, keunggulan mereka hanya bertahan tujuh menit. Ketika laga memasuki menit 25, giliran gawang Petr Cech bergetar menyusul gol Pavel Pogrebnyak yang sukses menyamakan kedudukan untuk Reading. Pogrebnyak yang lolos dari kawalan dengan jeli menyambut umpan silang Garath McCleary sebelum menanduk bola ke pojok kiri gawang Cech.

Gol itu tampaknya menyuntikkan rasa percaya diri besar bagi anak-anak asuh Brian McDermott. Para punggawa The Royals pun segera menggenjot permainan mereka serta menaikkan tempo permainan.

Hasilnya, hanya tiga menit setelah gol Pogrebnyak, Reading balik memimpin berkat tendangan bebas Danny Gutherie. Berawal dari pelanggaran John Terry terhadap kapten Reading Jobi McAnuff, mantan punggawa Newcastle United melepaskan tendangan kencang ke gawang Cech.

Tanpa diduga, Cech melakukan blunder yang menyebabkan bola terlepas dan menggetarkan gawangnya untuk kedua kali pada pertandingan kali ini. 2-1 untuk keunggulan Reading.

Kebobolan dua gol dalam kurun tiga menit agaknya sedikit mengguncang tim tuan rumah. Skuat besutan Roberto Di Matteo beberapa kali kehilangan bola sehingga memberikan sejumlah peluang bagi Reading untuk menambah pundi-pundi gol.

Akan tetapi, The Blues tidak terpuruk untuk kurun waktu yang lama. Torres sempat memperoleh peluang di kotak penalti untuk mengejar ketinggalan. Sayang, tandukannya masih bisa diblok oleh pemain Reading.

Menjelang akhir babak pertama, bek Alex Pierce berpeluang membawa Reading unggul 3-1 ketika dirinya nyaris menyambut tendangan bebas Ian Harte yang tidak diantisipasi dengan baik oleh lini bertahan Chelsea. Sayang, peluang itu gagal membuahkan gol karena bola melewati Pierce dan mengarah ke sisi mistar gawang.

Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan Reading 2-1.

Di Matteo maupun McDermott tidak melakukan penggantian pemain di awal babak kedua. Namun, The Blues tampaknya kembali menemukan kepercayaan diri dan berhasil menguasai jalannya laga.

McAnuff, Gutherie dan Pogrebnyak kembali menebar ancaman bagi pertahanan Chelsea. Akan tetapi, upaya ketiganya belum berhasil menambah pundi-pundi gol bagi Reading.

Di Matteo baru melakukan penggantian pemain di tengah babak kedua ketika dirinya menurunkan Oscar untuk mengisi posisi Ramires. Beberapa saat kemudian, pelatih Italia juga menarik John Obi Mikel untuk menurunkan Daniel Sturridge.

Chelsea akhirnya berhasil menyamakan kedudukan lewat gol cantik Cahill di menit 69. Dibantu assist Eden Hazard, Cahill melepaskan tendangan kencang dari jarak 35 yard yang sukses mengelabui Federici. 2-2 untuk Chelsea.

Tidak ingin kehilangan momentum, McDermott pun melakukan penggantian pemain guna memberikan penyegaran bagi skuatnya dengan menurunkan striker Noel Hunt untuk mengisi posisi Pogrebnyak. Sayang, upaya McDermott tidak mampu menghentikan laju Chelsea.

Di menit 81, Chelsea mengungguli Reading 3-2 berkat kerja sama apik Ashley Cole dan Torres. Keduanya berhasil merangsek ke area pertahanan The Royals sebelum Cole melepaskan umpan silang kepada bomber Spanyol yang sudah menunggu di mulut gawang.

Peluang Reading membawa satu angka dari Stamford Bridge pun sirna menyusul gol Branislav Ivanovic di penghujung injury time. Hazard berhasil meloloskan diri dari kawalan punggawa Reading dan membawa bola ke kotak penalti. Ketika sudah berhadapan dengan Federici, Hazard memberikan bola kepada Ivanovic yang berada di sisi kiri untuk mencetak gol pamungkas The Blues.