Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berpotensi Jadi Andalan UMKM Kepri

Dekranasda Kepri Tinjau Siswa Belajar Merajut di SMKN 2 Tanjungpinang
Oleh : Redaksi
Senin | 13-02-2023 | 11:24 WIB
merajud-SMKN-2-TPI.jpg Honda-Batam
Ketua Dekranasda Kepri, Dewi Kumalasari Ansar, saat meninjau belajar merajaut jurusan Tata Busana SMKN 2 Tanjungpinang, Kamis (9/2/2023). (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau, Hj Dewi Kumalasari Ansar berkunjung ke Ruang Industri dan Produksi SMKN 2 Tanjungpinang untuk melihat siswa-siswi jurusan Tata Busana, belajar merajut, Kamis (9/2/2023) pagi.

Dalam kunjungannya, Dewi Ansar menjelaskan, tujuannya berkunjung ke SMKN 2 Tanjungpinang karena dirinya melihat siswa-siswi jurusan Tata Busana mempunyai potensi besar dalam mengembangkan hasil dari rajutannya menjadi produk UMKM di Kepri.

"Untuk itu, saya membawa Divisi Kewirausahaan Dekranasda Kepri untuk bersama-sama melihat hasil rajutan dari siswa-siswi Tata Busana SMKN 2, apakah bisa hasil rajutannya dijual kepada masyarakat," ujarnya, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Selanjutnya, Dewi Ansar meminta kepada para guru Tata Busana untuk mampu mengembangkan kurikulum berbasis kebutuhan pasar dunia kerja, termasuk melakukan penelusuran dan pendampingan minat dan bakat para siswa-siswi.

"Harus ada pembimbingan yang berbeda antara siswa-siswi yang mau masuk dunia kerja dan siswa-siswi yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Kuncinya bukan hanya pada inovasi dan kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran tetapi juga komitmen para guru dalam menjadi pembimbing bagi para muridnya," ungkapnya.

Terakhir, Dewi Ansar juga meminta kepada siswa-siswi Tata Busana untuk belajar dengan giat dan kembangkan kemampuan atau skill dalam hal tata busana dari guru-guru yang sudah mengajar, sehingga dari ilmu yang didapat sewaktu sekolah bisa berguna dimasa depan dan bisa menjadi sumber penghasilan.

"Saya mengharapkan siswa-siswi jurusan Tata Busana SMKN 2 bisa mengembangkan keahliannya dan keterampilannya yang didapatkan sewaktu masih sekolah, sehingga bisa tumbuh menjadi calon-calon wirausaha baru di bidang Tata Busana, agar Provinsi Kepri menjadi semakin sejahtera," tutupnya.

Editor: Gokli