Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Acara Puncak 1 Abad NU, Pangdam Brawijaya Minta Semua Pihak Bersinergi
Oleh : Redaksi
Sabtu | 04-02-2023 | 10:32 WIB
Rakor-1-Abad-NU.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Rakor persiapan 1 Abad NU di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (3/2/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Surabaya - Rapat koordinasi menjelang pelaksanaan 1 Abad NU yang nantinya akan digelar di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur pada 7 Februari 2023 mendatang, berbagai persiapan mulai dibahas.

Rakor yang digelar pada Jumat (03/04/2023) di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, melibatkan berbagai pihak. Salah satunya, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, M.A.

Berbagai hal disampaikan Pangdam pada Rakor tersebut, di antaranya terkait langkah antisipasi jika terjadi kericuhan, hingga soal kebersihan selama pelaksanaan peringatan 1 Abad NU mendatang.

"Keluhan dari bapak Bupati tadi, masalah sampah. Hal itu sudah terpikirkan oleh saya, yang pertama sediakan tempat sampah. Kemudian, panitia jangan segan-segan memberikan seruan kepada yang hadir untuk tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya," jelas Pangdam.

Selain itu, Jenderal Bintang Dua TNI-AD peraih gelar master di bidang Security Study di University of Hull, Inggris pada tahun 1998 itu juga menambahkan jika permasalahan sampah, menjadi perhatian serius. Menurutnya, pihak Dinas PU memiliki peranan terpenting dalam upaya penanggulangan sampah pada acara peringatan 1 Abad NU mendatang.

"Sirkulasi truk sampah ini harus betul-betul diatur. Kita hitung kekuatan truk sampah di Sidoarjo ditambah dari Surabaya disumbangkan untuk 2 hari ekstra ini. Ini (sampah) hal kecil, tetapi sangat mengganggu," pintanya.

Selain soal kebersihan, Pangdam Brawijaya juga mengimbau semua aparat keamanan untuk saling bersinergi. "Pada aparat keamanan (TNI-Polri), mohon bantuannya agar acara ini dapat berlangsung dengan aman, tertib dan lancar sesuai dengan harapan kita bersama," tegas Jenderal lulusan Akademi Militer tahun 1991 itu.

Editor: Gokli