Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

25 Titik Ruas Jalan Provinsi di Batam Alami Kerusakan, Batam Perlu Perhatian Gubernur Ansar
Oleh : Aldy
Kamis | 02-02-2023 | 11:56 WIB
Yumasnur-BTM.jpg Honda-Batam
Kepala DBMSDA Batam, Yumasnur, saat berbincang dengan wartawan di Ruang Media Center Batam, Rabu (1/1/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Batam, Yumasnur mengatakan terdapat 25 ruas jalan dengan total 112,35 kilometer di Kota Batam, merupakan milik Pemerintah Provinsi Kepri.

Dikatakan Yumasnur, berdasarkan laporan yang diterima, hampir semua jalan milik provinsi di Batam mengalami kerusakan.

Untuk itu, diperlukan penanganan yang mendesak. Namun, hingga saat ini Pemerintah Kota Batam belum memiliki laporan atau data terkait pengerjaan ruas jalan milik provinsi yang ada di Batam.

"Ini yang menjadi permasalahan saat ini. Mereka belum berikan informasi resmi apa saja yang mereka kerjakan atau tangani di Batam. Walaupun beberapa waktu lalu ada informasi yang menyebutkan Batam tahun ini tidak masuk skala prioritas bagi provinsi untuk perbaikan jalan," ujar Yumasnur, saat ditemui di ruangan Media Center Pemko Batam, Rabu (1/1/2023) sore.

Menurut dia, seharusnya pemerintah provinsi memberikan perhatian khusus juga untuk peningkatan infrastruktur di Batam. Sebab, ruas jalan milik provinsi di Batam cukup banyak, sehingga sudah seharusnya diperhatikan.

Selain itu, selama ini Batam juga memiliki kontribusi terhadap pendapatan provinsi. "Saya hanya ingin kedua instansi ini saling berkoordinasi dan membantu membangun Batam. Masyarakat juga pantas menikmati jalan yang layak. Karena itu jika memang membutuhkan perbaikan jalan rusak, harusnya disegerakan, dan bisa menjadi perhatian," jelasnya.

Terkait peran Pemko Batam dalam menangani jalan rusak yang menjadi tanggungjawab pemerintah provinsi, Yumasnur menambahkan, anggaran yang dimiliki Pemko Batam diutamakan untuk melakukan peningkatan infrastruktur yang memang menjadi agenda dan tanggung jawab Pemko Batam.

"Anggaran kami juga terbatas. Namun tahun lalu beberapa ruas jalan yang rusak milik pemerintah provinsi juga dilakukan perbaikan," ujarnya.

Ia berharap, Pemko Batam dan Provinsi Kepri bisa bersama-sama dan bergandengan tangan dalam menangani jalan, dan membangun Kota Batam ini. "Kami juga minta kejelasan terkait penanganan jalan di Batam," imbuhnya.

Beberapa jalan yang berada di bawah tanggung jawab provinsi di antaranya daerah Botania, ruas jalan menuju Pelabuhan Sagulung. Ada juga di Piayu, Dotamana, bahkan yang juga dinilai cukup mendesak adalah ruas Jalan Laksamana Bintan atau dari Under Pass menuju Simpang BNI.

Editor: Gokli