Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kerajinan Replika Kapal Layar Asal Bintan Diminati Wisatawan Eropa
Oleh : Harjo
Senin | 30-01-2023 | 16:04 WIB
kapal-jong1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Tim Sekapur Sirih kapal layar mini Teluk Bakau saat mengisi acara di Pantai Lagoi Bay Bintan. (Harjo/BTD)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Replika kapal layar mini buatan Zainudin (43) alias Udin warga Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang, Bintan ternyata menarik perhatian wisatawan. Bahkan sudah puluhan yang dibeli oleh turis dari Eropa.

Di balik keahliannya memimpin tim kapal Jong yang menjadi permainan rakyat khas warga pesisir, Udin juga memiliki keahlian dalam membuat karya seni dalam merakit atau membuat replika kapal layar mini atau kapal Jong.

"Kalau replika kapal layar kecil yang sering disebut kapal Jong ini, sudah puluhan sampai di negara Eropa. Saat mereka berkunjung atau menyaksikan perlombaan Jong, ada yang tertarik dan membelinya. Kalau turis asal Eropa yang membeli jumlahnya sudah puluhan," ungkap Udin, Ketua tim Jong Sekapur Sirih Bintan asal Teluk Bakau Bintan, kepada BATAMTODAY.COM, di Kawasan Pariwisata Lagoi (KPL) Bintan, Minggu (29/1/2023).

Dijelaskan, untuk membuat kerajinan kapal Jong dengan ukuran mini, menghabiskan anggaran sekitar Rp 500 ribu. Biasanya kalau dijual harganya bisa mencapai jutaan rupiah. "Turis tertarik membeli setelah melihat perlombaan dan kapal yang dipakai menang," terangnya.

Dijelaskan, di Pulau Bintan hingga saat ini sudah banyak group atau tim kapal Jong dan sering mengisi acara serta perlombaan di Bintan, Tanjungpinang dan Batam. Pertama Sekapur Sirih, selanjutnya muncul tim Tunas Muda.

"Dalam beberapa kali mengikuti lomba kapal Jong, hasilnya cukup baik," katanya.

"Harapan kita kerajinan replika kapal layar mini ini bisa terus diberdayakan oleh pemerintah daerah. Karena permainan ini adalah salah satu ciri khas kita warga pesisir," pungkasnya.

Editor: Yudha