Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wales Segera Bangun Sirkuit Megah
Oleh : dd/bl
Jum'at | 17-08-2012 | 13:35 WIB

WALES, batamtoday - Setelah Inggris dipercaya untuk menggelar ajang motosport dunia, kini Wales tersentak ingin mengikuti jejak negara serumpun mereka itu. Wales telah berencana untuk membangun komplek sirkuit balap yang megah.


Untuk membanguan sirkuit yang bisa dipakai untuk berbagai balapan itu, pemerintah Wales telah menganggarkan dana sebesar 250 juta pound atau sekitar 2,9 triliun rupiah.
 
Dalam beberapa tahun terakhir, Wales memang sudah menunjukan hasrat untuk menggelar ajang balap otomotif dunia. Untuk mempertontonkan maket sirkuit yang akan dibangun, rencananya miniatur sirkuit itu akan dipamerkan kepada masyarakat dalam pameran yang diadakan pada 20 Agustus. Wales ingin membangun sirkuit yang bisa dipakai untuk ajang balap MotoGP, World Superbike, World Motocross, dan World Touring Car.
 
“Sirkuit itu merepresentasikan program investasi yang signifikan dalam infrastruktur olah raga otomotif di Inggris Raya dalam 50 tahun ke depan,” bunyi pernyataan resmi The Circuit of Wales seperti dilansir BBC, Kamis (16/8).
 
Sirkuit Wales tersebut diharapkan akan rampung pada 2015. Sirkuit tersebut terletak di Ebbw Vale Utara di atas lahan seluas 830 hektar. Sirkuit itu dekat dengan kawasan industri Rassau, Wales Selatan.