Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diiringi Hujan Deras, Gubernur Ansar Resmikan Gedung SMAN 25 Batam
Oleh : Aldy
Kamis | 26-01-2023 | 11:40 WIB
ansar-resmikan-SMAN-25-BTM.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat meresmikan gedung baru SMAN 25 Batam di Bengkong Laut, Kota Batam, Rabu (25/1/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan deras mewarnai kegiatan Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahmad, saat meresmikan gedung baru SMAN 25 Batam di Kawasan Bengkong Laut, Kecamatan Bengkong, Kota Batam.

Acara peresmian ini berlangsung pada Rabu (25/1/2023) mulai pukul 10.30 WIB. Meski diguyur hujan deras, tidak membuat patah semangat para siswa/i yang mengisi acara tersebut.

Gubernur Ansar menyampaikan, pendidikan selalu mendapatkan perhatian khusus, baik dari Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat. "Saat ini anggaran yang dikucurkan untuk SMAN 25 ini sekitar Rp 3,5 miliar. Ke depan masih butuh anggaran lagi untuk pembangunan tambahan lokal," ujar Gubernur Ansar saat acara peresmian SMAN 25 Batam.

Ansar juga menerangkan, pada tahun 2023 ini, Pemprov Kepri merencanakan pembangunan 4 sekolah setingkat SMAN di Kota Batam. Ke empatnya direncanakan akan dibangun di Kecamatan Sekupang, Sagulung, Nongsa, dan Batuaji.

Disinggung terkait lahan yang telah dihibahkan BP Batam saat ini, Gubernur Ansar menyebutkan, kondisi lahan yang telah dihibahkan tersebut, beberapa di antaranya dalam kondisi siap bangun, sementara lahan lainnya masih membutuhkan biaya ekstra.

"Anggaran untuk pembangunan sekolah baru maupun penambahan ruang kelas bisa diusahakan. Namun biasanya kendala membangun sekolah baru, itu terkendala kondisi lahan dari BP Batam," ungkapnya.

Sementara itu, Kepsek SMAN 25 Batam, Syurman, mengatakan ada 10 ruangan baru yang diresmikan langsung oleh Gubernur Ansar kali ini, di antaranya 4 ruangan Lab (komputer, biologi, kimia dan fisika); 2 ruang kelas belajar, 1 ruang guru dan 1 ruang tata usaha.

"Sekolah ini berdiri sejak 2019. Karena kita mengalami pandemi Covid-19, akhirnya pembangunan tertunda, tahun 2021 baru dimulai pembangunannya. Alhamdulillah diresmikan hari ini," ujar Syurman.

Lanjut Syurman, sebelum pembangunan gedung sekolah, para siswa belajar dengan ruangan yang hanya beratapkan spandek dan lantai yang hanya disemenisasi. Untuk dindingnya sendiri, memanfaatkan tumbuhan hias sebagai dinding pelindung.

"Alhamdulillah, dengan keadaan seperti itu, kegiatan belajar mengajar anak-anak masih berjalan lancar," jelasnya.

Ditambahkannya, saat ini ada 1.053 siswa/i yang terdaftar sebagai anak didik di SMAN 25 Batam, dari jumlah siswa/i sebanyak itu, baru tersedia 25 Ruang Kelas Belajar (RKB). "Kebutuhan kita 40 RKB, semoga kebutuhan itu bisa terealisasi dengan waktu yang tidak lama. Saat ini kita berlakukan sistem belajar 2 shift, 14 kelas untuk pagi dan 11 kelas untuk siang," tutup Syurman.

Editor: Gokli