Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Asean Basket Ball League Resmi Bergulir di Hi Test Arena Batam, Indonesia Kirim Satu Tim Perwakilan
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Rabu | 18-01-2023 | 19:00 WIB
ASEAN-Basket1.jpg Honda-Batam
Asean Basket Ball League digelar di Hi Test Arena Batam. (Putra/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kompetisi basket Asean Basket Ball League ABL Invitational 2023 telah bergulir secara langsung di Hi Test Arena, Golden Land, Batam Kota, Kota Batam.

Kompetisi ini kembali digelar setelah nyaris dua setengah tahun vakum saat pandemi Covid -19. Peserta diikuti oleh tim bola basket delapan negara dari Asia Tenggara dan Asia.

Ceo Hi Test Arena, Suhadi mengatakan, pertandingan ini berlangsung tujuh hari sejak 12 sampai 18 Januari. Dalam pertandingan ini, terdapat tim yang berasal dari Filipina, Hongkong, Macau, Thailand , Vietnam , Malaysia, Singapura dan Indonesia.

"Dengan sistem lima cirkuit sehingga tim tersebut bisa saling bertanding , untuk cirkuit pertama kemarin sudah berjalan di Singapura dan saat ini di Batam," kata Suhadi, Rabu (18/1/2023).

Untuk partisipasi tim lokal Indonesia berasal dari Louvre Surabaya. Regulasi yang digunakan ialah dengan menggunakan pemain lokal dan empat orang pemain asing .

Kompetisi ini juga di lanjutkan di Kuala Lumpur, Malaysia, kemudian di Vietnam dan terakhir antara Thailand dan Hongkong.

Suhadi menjelaskan bahwa setelah Batam di tunjuk sebagai tuan rumah ajang bergengsi bola basket di Asean ini turut mengapreasi atas penunjukan tuan rumah ini karena ada standarisasi dari pihak ABL.

"Sebab untuk sekelas level kompetisi ini tentunya dari ABL Invitational memiliki riset dan penilaian tersendiri mulai dari lokasi pertandingan dan persiapnnya," ujarnya.

Kemudian pertandingan ini juga di siarkan langsung dari delapan negara tim secara Youtube live streaming .

Secara komersial kompetisi ini di kelola dari pihak ABL jadi dari sebagai tuan rumah Hi Test Arena berharap adanya apresiasi dari masyarakat Batam untuk bisa menyaksikan pertandingan berkelas Internasional ini.

"Memang kalau dari segi animo belum cukup signifikan, karena tiket sangat terjangkau bagi anda pecinta bola basket," lanjutnya.

Untuk pertandingan hari terakhir ada tim lokal Louvre Surabaya yang akan bertanding melawan tim asal Singapura yaitu Singapore Slingers.

Editor: Yudha