Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Piala AFF Butuh VAR Agar Sepak Bola ASEAN Lebih Maju
Oleh : Redaksi
Selasa | 17-01-2023 | 18:29 WIB
kapten-thailand1.jpg Honda-Batam
Kapten timnas Thailand Theerathon Bunmathan. (detiksport)

BATAMTODAY.COM, Jakarta- Kapten timnas Thailand Theerathon Bunmathan mengatakan Piala AFF butuh teknologi video assistant referee atau VAR agar sepak bola ASEAN bisa lebih maju.

Theerathon sukses membawa Thailand menjadi juara Piala AFF 2022. Gol tunggal pemain Buriram United itu ke gawang Vietnam pada leg kedua final, Senin (16/1/2023), memastikan Thailand menang dengan agregat 3-2.

Ini gelar ketiga Theerathon di ajang Piala AFF setelah membawa Thailand menjadi juara pada 2016 dan 2020.

Theerathon mengaku turnamen Piala AFF harus lebih maju lagi ke depannya. Kehadiran teknologi VAR bisa membuat sepak bola negara-negara di Asia Tenggara bisa lebih maju.

"Ke depannya, saya ingin Piala AFF lebih berkembang dengan menggunakan VAR. Kita butuh VAR di Piala AFF, karena kita bertetangga, kita harus tumbuh bersama, bukan saling menyakiti," ujar Theerathon dikutip dari Zing.

Theerathon kemudian memastikan Piala AFF 2022 merupakan turnamen ASEAN terakhirnya bersama timnas Thailand.

"Turnamen ini sangat berarti buat saya, karena ini Piala AFF terakhir saya. Sebelum turnamen mulai banyak klub yang tidak melepas pemain, jadi Thailand tidak memiliki kekuatan terbaik," ucap Theerathon.

"Saya ingin membantu para pemain muda, jadi saya memutuskan untuk bermain di turnamen ini," sambung pemain 32 tahun itu.

Sukses Theerathon di Piala AFF 2022 semakin lengkap setelah mantan pemain Yokohama F. Marinos itu merebut gelar pemain terbaik.

"Soal gelar pemain terbaik Piala AFF 2022, saya ingin mempersembahkan gelar ini untuk semua fans Thailand," ucap Theerathon.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha