Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Revitalisasi Masjid Agung Batam Center Masuk Proyek Strategis Pemko Batam Tahun 2023
Oleh : Aldy Daeng
Jumat | 06-01-2023 | 18:00 WIB
Masjid-Raya-Btm1.jpg Honda-Batam
Masjid Raya Batam Center. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengerjaan lanjutan revitalisasi Masjid Agung Batam menjadi salah satu proyek strategis prioritas Pemko Batam tahun 2023.

Pemko Batam mengucurkan dana senilai Rp 167 miliar dan dikerjakan dalam tahun jamak. PT Adhi Karya merupakan pemenang lelang proyek yang dimulai Juli 2022 lalu, tahun ini ditargetkan selesai untuk bangunan fisiknya.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Batam, Suhar mengatakan tahun ini merupakan pengerjaan utama, bangunan fisik, termasuk di bangunan utama masjid.

"Tahun ini sudah masuk pekerjaan utama. Kalau tahun lalu kami penataan dan pemasangan pancang. Januari 2023 ini pengerjaan dilanjutkan, termasuk melakukan pembongkaran di sebagian bangunan utama masjid," ujar Suhar, Jumat (6/1/2023).

Suhar menyebutkan, untuk tahun ini pengerjaan fisik secara keseluruhan hingga akhir tahun 2023 mendatang. Bangunan masjid ini dirancang lebih modern, dan menjadi destinasi wisata bagi pengunjung di Batam.

Pembongkaran bangunan utama dimulai tahun ini. Sesuai dengan rencana pihak kontraktor akan mempertahankan lantai masjid, karena dinilai kondisinya masih bagus.

Perubahan dilakukan pada bentuk bangunan atau kubah masjid. Selain membenahi bangunan, bagian sanitasi masjid juga menjadi perhatian. Tempat wudhu, dan lainnya juga akan ditingkatkan dan dibuat lebih ramah dan nyaman bagi pengunjung masjid, termasuk kaum disabilitas.

Selanjutnya ada tambahan beberapa menara masjid. Namun tidak termasuk dengan menara utama. Selain itu di bagian atas baseman akan diberi batu granite sehingga bisa juga dipakai sebagai ruang sholat dalam kapasitas besar.

"Bedanya dengan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah ada payung-payungnya. Kalau ini gak ada dan semuanya pakai granite," jelasnya.

Selain itu, revitalisasi Masjid Raya Batam Ceter juga mencangkup bagian atap masjid. Dimana semua ornamen atap akan diganti. Selanjutnya koridor yang saat ini rusak dan pecah-pecah akan diganti dengan koridor yang lebih besar.

Saat ini Batam sudah memiliki Masjid Sultan Mahmud Riayatsyah yang berlokasi di Tanjunguncang, Batuaji. Tahun 2022 lalu BP Batam juga menyelesaikan pembangunan Masjid Tanwirun Naja yang berada di area Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Suhar mengungkapkan, revitalisasi bangunan Masjid Agung akan menambah fasilitas ibadah, sekaligus menjadi pilihan dalam wisata religi di Kota Madani ini.

Sementara, Kepala Dinas Bina Marga, dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Batam, Yumasnur menyebutkan beberapa proyek strategis prioritas lainnya juga akan digesa pada tahun ini, seperti peningkatan lajur dari Simpang Poulux Habibi menuju Masjid Agung Batam.

Selanjutnya, kelanjutan penataan jalan Bengkong Seken juga menjadi prioritas tahun 2023. Beberapa jalan seperti Tiban Center juga merupakan lanjutan dari tahun lalu, dan akan dilanjut tahun depan untuk proses penataan atau pelebaran jalan.

Yumasnur menambahkan, tahun depan pengerjaan infrastuktur masih menjadi prioritas. Beberapa pelebaran jalan yang akan dilanjutkan adalah penataan jalan di Bengkong Seken. Selanjutnya rencana pelebaran dari Kavling lama di Batu Aji menuju puskesmas, dan makam pahlawan.

"Ini yang prioritas. Sebenarnya masih banyak pengerjaan lainya. Namun untuk realisasi tetap melihat ketersediaan anggaran," pungkasnya.

Editor: Yudha