Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Suasana Tujuhbelasan di Batam Adem Ayem
Oleh : hz/dd
Rabu | 15-08-2012 | 12:37 WIB

BATAM, batamtoday - Besok lusa tepat tanggal 17 Agustus 2011, seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari Ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-66, termasuk warga Kota Batam. Namun hingga hari ini suasana kemeriahan menyambut "Tujuh Belas Agustusan" di Batam belum begitu terasa alias adem ayem saja.


Apakah HUT RI ke-66 tahun ini yang bertepatan dengan pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan 1433 Hijriah, sehingga membuat perhatian seluruh masyarakat tampak lebih memfokuskan untuk menjalankan ibadah puasa dan persiapan menjelang lebaran.

Pantauan batamtoday di beberapa lokasi pemerintahan maupun swasta, masih banyak gedung yang tidak memasang bendera merah putih, umbul-umbul dan atribut lain. Salah satunya gedung pemerintahan itu adalah gedung bersama milik PT Adhya Tirta Batam (ATB) dan Kadin Batam di Batam Centre.

Begitu juga dengan gedung swasta, gedung Bank Bukopin dan Bank BNI Batam Centre tidak tampak mengibarkan bendera. Kejadian serupa juga terlihat di Bank BII Jodoh. Sedangkan untuk warga yang tinggal di perumahan, masih banyak halaman rumah yang tidak memasang Sang Saka Merah Putih.

Jamil, seorang pedagang bendera di daerah Sei Panas mengatakan hingga hari ini masih sepi pembeli yang membeli bendera, umbul-umbul ataupun atribut lain  di tempatnya. Padahal lelaki asal Jawa Barat ini telah berjualan sejak dua minggu yang lalu.

"Perayaan proklamasi tahun ini sepi sekali, apa karena puasa dan mau lebaran ya? Penjualan saya tahun ini berkurang hampir 50 persen dibanding tahun kemarin," ujar Jamil kepada batamtoday, Rabu (15/8/2012).

Senada dengan yang dikatakan, Wahyu, pedagang bendera di daerah Batam Centre yang mengatakan minat dan kesadaran masyarakat memperingati HUT RI semakin hari semakin tipis sehingga berimbas pada usaha mereka.

"Tak tau lah, mungkin rasa nasionalisme masyarakat makin tipis sehingga tak sempat atau perduli lagi dengan mengibar bendera dalam perayaan HUT RI," kata Wahyu.