Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perkuat Timnas, PSSI Bakal Panggil Pemain Indonesia di Klub Espanyol
Oleh : Redaksi
Rabu | 15-08-2012 | 09:30 WIB
Arthur-Irawan-batamtoday.jpg Honda-Batam
Arthur Irawan, foto:RCDEspanyol

JAKARTA, batamtoday - Demi memperkuat timnas Indonesia yang akan diturunkan di ajang piala AFF 2012, rencananya PSSI akan memanggil sejumlah pemain muda berbakat, termasuk mereka yang saat ini berada di luar negeri. Nama Arthur Irawan yang kini merumput bersama klub Espanyol masuk dalam bidikan.


Rencana tersebut terpaksa dilakukan akibat kubu yang bersebrangan dengan PSSI mengintruksikan menarik semua pemain ISL yang sebelumnya mengikuti pemusatan latihan. 

Dikutip dari situs Liga Prima, Rabu(15/8/2012), koordinator Timnas, Bob Hippy berharap dengan adanya tambahan pemain TC Timnas bisa jalan tanpa terkendala. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan tim pelatih. Sejumlah pemain terus dipersiapkan, untuk selanjutnya akan direkomendasikan,” ujar Bob.

Meski belum dipastikan apakah Arthur akan diijinkan oleh klub Espanyol, namun sejumlah pihak menilai langkah PSSI sudah tepat. Ditambah lagi peluang untuk bertemu lansung dengan pemain kelahiran Surabaya 1990 itu sudah bisa dipastikan karena timnas sendiri akan menjalani laga ujicoba dengan Espanyol B pada September mendatang.

"Selain itu, kami juga sudah berkomunikasi dengan orang tua Arthur di Surabaya, agar mendorong anaknya mau berseragam merah putih seperti yang Arthur impikan pada piala AFF sebelumnya," kata Bob Hippy.

Sebelumnya, Arthur adalah produk dari pengembangan sepakbola Indonesia d Uruguay. Ia adalah jebolan Sociedad Anonima Deportiva yang gagal masuk timnas pada seleksi piala AFF lantaran pelatih Alfred Ridl mencoret namanya. Saat itu pelatih beranggapan usia Arthur masih terlalu muda. Bersamaan dengan pencoretan tersebut, sejumlah nama yang tertarik memperkuat timnas juga disingkirkan, diantaranya Jhon Van Bauckering, eks striker Feyenord Rotherdam Belanda.