Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolri-Panglima TNI Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Nataru 2023, Sebanyak 166.332 Personel Dikerahkan
Oleh : Redaksi
Kamis | 22-12-2022 | 14:56 WIB
panglima_tni_kapolri_b.jpg Honda-Batam
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2022) (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2022).

Apel Operasi Lilin 2022 juga diikuti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, hingga Kepala Basarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa, seluruh personel TNI-Polri dan pihak terkait lainnya siap memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat ketika merayakan Natal dan Tahun Baru.

"Hari ini kita melaksanakan Apel Gelar pasukan gabungan dari TNI, Polri dan seluruh stakeholder yang terkait untuk memastikan bahwa personel siap untuk melaksanakan kegiatan pengamanan dan juga tentunya kesiapan dari sarana prasarana ataupun alutsista," kata Sigit di Lapangan Monas, Kamis (22/12/2022).

Apel Operasi Lilin 2022 dimulai sekitar pukul 08.50 WIB setelah Listyo dan Yudo tiba di lokasi. Apel dimulai dengan prosesi inspeksi pasukan oleh Listyo dan Yudo dari atas mobil komando.

Listyo menyebut Operasi Lilin 2022 dilakukan dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan tahun baru. Ia mengatakan total ada ratusan ribu personel yang dilibatkan dalam operasi pengamanan tersebut.

"Saya kira secara menyeluruh 166.332 ribu orang yang nanti akan diturunkan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan, di kepolisian disebut dengan Operasi Lilin," kata dia.

Ratusan ribu personel tersebut, kata Sigit akan dikerahkan ke dalam pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu di seluruh Indonesia, demi semakin memantapkan situasi yang aman, damai dan kondusif sepanjang libur perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Dan tentunya ini adalah personel gabungan. Kemudian juga terbagi di dalam pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu. Sehingga kemudian kita harapkan bahwa seluruh pos yang tergelar tersebut betul-betul bisa memberikan rasa aman dan nyaman," ujar Sigit.

Listyo menuturkan Operasi Lilin 2022 akan digelar sekitar dua pekan mulai dari 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

Editor: Surya