Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

70 Pelajar SMA di Bintan Dapat Bimbingan Karir Gratis dari PT BRC Lagoi
Oleh : Harjo
Sabtu | 17-12-2022 | 13:52 WIB
kasih-sayang-3.jpg Honda-Batam
PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) selaku pengelola Kawasan Pariwisata Lagoi (KPL) Bintan, menyelenggarakan program bimbingan karir bagi 70 pelajar yang akan segera menyelesaikan masa akhir jenjang SMA tahun ajaran 2022/ 2023 mendatang. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) selaku pengelola Kawasan Pariwisata Lagoi (KPL) Bintan, menyelenggarakan program bimbingan karir bagi 70 pelajar yang akan segera menyelesaikan masa akhir jenjang SMA tahun ajaran 2022/ 2023 mendatang.

Program ini, untuk mempersiapkan siswa dan siswi yang sedang menempuh masa pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di sekitar KPL. Program bimbingan karir ini, rutin dilaksakan setiap tahunnya, sebagai bagian dari program Kasih Sayang Departemen Community Development di PT BRC.

"Program Kasih Sayang sendiri merupakan bagian program bantuan pendidikan diperuntukan bagi komunitas di sekitar kawasan wisata," ujar Group General Manager PT BRC, Abdul Wahab, Sabtu (17/12/2022).

Dijelaskannya, ada tiga bagian program Kasih Sayang yang dilakukan setiap satu tahun, yaitu Kasih Sayang I yang diperuntukkan bagi pelajar Sekolah Dasar (SD), Kasih Sayang II bagi pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Kasih Sayang III bagi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pada program Kasih Sayang III ini, 70 siswa dan siswi SMA yang tersebar dari beberapa SMA di desa-desa yang menjadi sasaran program CSR oleh PT BRC, mendapatkan pembekalan wawasan agar dapat benar-benar memilih jurusan pendidikan tinggi yang mereka minati dan akhirnya menjadi profesi yang akan mereka lakoni di dunia kerja nyata di masa yang akan datang.

"Kehadiran orang tua pada kegiatan tersebut adalah agar orang tua terlibat penuh dalam proses mendampingi anak-anak, dalam memberikan dorongan dari sisi keluarga sehingga anak-anak tersebut terarahkan dengan baik," katanya.

Dalam program Kasih Sayang III tahun 2022 ini, Departemen Community Development di PT BRC, mengundang 70 pelajar terpilih tersebut untuk berkunjung ke perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Yayasan Bintan Resort baik Politeknik Bintan Cakrawala serta Sahid Bintan Tourism Institute.

Dalam program bimbingan tersebut juga dijelaskan adanya kesempatan untuk dapat memperoleh program beasiswa dari PT BRC bagi pelajar yang berminat serta persyaratan untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

"Selain itu kami juga memberikan sebuah sesi bagi pelajar untuk mendengarkan langsung arahan ahli psikologi dari d'Heal Consulting yang diundang oleh PT BRC mengenai dunia perguruan tinggi serta dunia kerja," terangnya.

Di mana, ahli psikolog dari d'Heal Consulting tersebut juga memberikan talkshow mengenai topik parenting bagi orang tua murid yang hadir, guna memberikan wawasan tentang peran mereka dalam proses mendukung minat dan bakat anak saat memasuki masa akhir SMA.

Lanjut Abdul Wahab, bantuan pendidikan adalah komitmen besar yang dicanangkan PT BRC, guna ikut berperan serta membantu program pemerintah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul di Pulau Bintan, hingga mampu bersaing di dunia kerja, baik nantinya dapat bekerja di industri pariwisata atau pun di industri lainnya.

"Kami sadar bahwa peran dan tanggung jawab itu tidak dapat hanya dilakukan pemerintah, namun oleh semua pemangku kepentingan, serta sebagai pengelola kawasan wisata. Program ini, akan terus dilakukan secara berkesinambungan," tambah Abdul Wahab.

Dalam acara tersebut, turut hadir Osnardi, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, yang menyampaikan ucapan terima kasih, kepada dunia industri dan usaha yang telah bahu membahu bersama pemerintah. "Apresiasi setinggi-tinggi kepada PT BRC, yang sudah memajukan dunia pendidikan, dengan sudah membantu pelajar tempatan atau yang ada di sekitar kawasan," ujarnya.

Editor: Gokli