Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dewi Ansar Berharap Pembinaan Mental Remaja di Kepri Bisa Ditangani Secara Ideal
Oleh : Redaksi
Sabtu | 17-12-2022 | 12:48 WIB
Dewi-SMAN-1-Bintim.jpg Honda-Batam
Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau, Hj Dewi Kumalasari Ansar menghadiri sekaligus mengikuti rangkaian kegiatan Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Tabib (RSUD RAT) Goes To School ke SMAN 1 Bintan Timur (Bintim), Jumat (16/12/2022). (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau, Hj Dewi Kumalasari Ansar menghadiri sekaligus mengikuti rangkaian kegiatan Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Tabib (RSUD RAT) Goes To School ke SMAN 1 Bintan Timur (Bintim), Jumat (16/12/2022). Kegiatan ini, guna membangun kualitas kesehatan reproduksi dan kesehatan mental remaja milenial.

Acara juga disejalankan dengan Peresmian Sanggar Busana dan Faiza Laundry di SMK Negeri 1 Bintim yang menjadi tempat belajar sekaligus mengasah keahlian siswa dan siswi guna menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional di bidangnya usai lulus dari sekolah nantinya.

Dewi Ansar menyampaikan, saat ini kesehatan mental remaja menjadi salah satu masalah yang belum dapat sepenuhnya ditangani secara ideal, baik tingkat nasional maupun global.

Dijelaskan Dewi Ansar, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2020, menunjukkan ada lebih dari 19 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional dan lebih dari 12 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi.

"Untuk itu, saya berharap mulai dari sekarang kesehatan mental bagi remaja di Kepri harus dijaga baik lahir maupun batin, saya juga menghimbau kepada pemerintah daerah untuk membuka sosialisasi akan kesehatan mental bagi remaja dan perlu diterapkan baik di desa, sekolah dan tempat pelayanan publik," pesan Dewi Ansar, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Selanjutnya, Dewi Ansar mengatakan, banyak faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan mental bagi remaja seperti faktor genetik, perubahan hormon, hingga pengalaman traumatis, percintaan, pertemanan, keluarga maupun tekanan hidup. Ia juga mengatakan gejala yang timbul yaitu mudah marah, merasa putus asa, rendah diri, merasa cemas dan khawatir yang berlebihan.

"Untuk meredam masalah mental bagi remaja tersebut peran orangtua atupun masyarakat di sekitarnya bahkan instansi kesehatan sangat diperlukan dalam mendukung serta mendampingi remaja yang memiliki gangguan kesehatan," ujarnya.

Dewi Ansar juga menegaskan agar generasi milenial saat ini perlu diperhatikan secara intens terhadap pertumbuhan mereka, bekali mereka dengan pengetahuan yang bermanfaat yang didasari iman dan taqwa, guna mewujudkan mereka menjadi pemimpin yang tauladan di masa depan.

Sementara itu, dalam Sambutan Dewi Ansar di Lapangan Upacara SMK N 1 Bintim, dia menyampaikan tugas siswa dan siswi tidak hanya selalu pintar dalam pelajaran, tetapi juga membekali diri untuk menghadapi masa depan.

"Anak-anak yang bunda sayangi, era digitalisasi seperti ini, tak lagi hanya soal mampu dalam belajar mata pelajaran yang harus kita pahami, tapi pembekalan diri kita untuk masa yang akan datang, mau jadi apa kita nantinya itu kita sendiri yang akan menentukan. Untuk itu, jadilah insan yang selalu bekali diri kita dengan ilmu yang bermanfaat," ucap Dewi Ansar.

Kembali, Dewi Ansar mengatakan bahwa, dengan adanya gedung baru yaitu Sanggar Busana dan Faiza Laundry yang akan diresmikan nanti, dia berharap peserta didik dapat mengasah skill dan kemampuan agar lebih profesional.

"Yang nantinya, anak-anak lulus dari sekolah langsung mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan anak-anak," sambung Dewi Ansar.

Terakhir, Dewi Ansar meminta Pemerintah Daerah dan seluruh lapisan masyarakat agar selalu memfasilitasi hak-hak anak yaitu dibidang partisipasi, pengasuhan, kesehatan, pendidikan dan perlindungan khusus anak. Serta selalu mensosialisasikan pentingnya hidup sehat dan pembekalan ilmu agama.

"Selaku Pemerintah Daerah, pastikan seluruh hak-hak anak dapat terpenuhi, dan juga saya mengajak masyarakat untuk terus mensosialisasikan kepada generasi muda tentang pola hidup sehat dan juga pembekalan mental dan ilmu agamanya, karena masa depan Kepri juga akan ditentukan oleh mereka," tutupnya.

Usai sambutan tersebut, Dewi Ansar meresmikan Sanggar Busana dan Faiza Laundry milik SMK N 1 Bintim dengan menandatangani prasasti dan menggunting pita.

Editor: Gokli