Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mahasiswa KKNT-74 USU Gelar Sosialiasi Pembuatan Bantet dan Prangi
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 14-12-2022 | 18:12 WIB
KKN-USU1.jpg Honda-Batam
Mahasiswa KKNT-74 USU sosialisasi pembuatan Banana Nugget (Bantet) dan Spray Saragi Wangi (Prangi) di Kelurahan Teluk Karang Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Sumut - Dalam rangka pemanfaatan hasil panen lokal di Kelurahan Teluk Karang, Tebing Tinggi, Provinsi Sumatera Utara, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT)-74 USU menggelar sosialisasi pembuatan banana nugget (Bantet) dan spray saragi wangi (Prangi).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jum'at (9/12/2022) pukul 10.00 Wib, bertempat di Aula Kantor Kelurahan Teluk Karang, dengan sasaran ibu PKK Kelurahan Teluk Karang.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan mendemonstrasikan cara pembuatan Bantet dan Prangi secara langsung di aula serta pembagian brosur cara pembuatannya.

Mahasiswa KKN melihat cemilan olahan pisang di Tebing Tinggi masih sangat sederhana. Pisang kebanyakan hanya diolah menjadi pisang goreng atau godog-godog saja, sehingga muncul ide membuat Bantet.

Pisang kepok yang mudah didapat bisa dijadikan olahan makanan nugget dengan bentuk yang menarik dan ditambah berbagai macam topping yang akan menambah nilai jual.

"Tujuan sosialisasi ini yakni memberikan masyarakat ide baru dalam pemanfaatan hasil panen lokal yang mudah didapat seperti pisang kepok keling (varietas asli tebing) dan serai wangi," kata Nisa mahasiswi KKNT-74.

Selain itu, munculnya kasus DBD dan banyaknya penemuan jentik nyamuk Aedes yang berkemungkinan menyebarkan virus DBD di Tebing Tinggi juga menjadi latar belakang mahasiswa KKN memberikan sosialisasi pembuatan Prangi.

Serai wangi banyak dijumpai di pekarangan rumah warga dan pengolahannya menjadi spray anti nyamuk sangatlah mudah.

"Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat jadi lebih kreatif dalam memanfaatkan hasil panen lokal," harap Nisa.

Editor: Yudha