Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Banjir Jadi Momok Warga Batam, Nuryanto: Pembangunan Harus Selaras dengan Drainase
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 07-12-2022 | 18:20 WIB
caknur12.jpg Honda-Batam
Ketua DPRD Batam, Nuryanto. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setiap memasuki musim hujan, sejumlah wilayah di Kota Batam selalu dilanda banjir. Dengan pembangunan yang saat ini sedang gencar dilakukan, selayaknya Pemko Batam juga memperhatikan aliran air atau drainase.

"Kita liat, jalan dibangun, ini seharusnya pembangunan tersebut terintegrasi dengan pembangunan drainase," ujar Ketua DPRD Batam Nuryanto, Rabu (7/12/2022).

Cak Nur, sapaan akrab Nuryanto menjelaskan, untuk menciptakan Batam sebagai smart city ataupun kota maju, perencanaan pembangunan harus betul-betul penuh dengan perhitungan, termasuk masalah tahunan setiap masuk musim hujan, banjir dimana-mana.

"Batam ini dikelilingi laut, kalau drainase kita bagus dan tersistem kan untuk terjadi banjir kecil kemungkinannya. Ditambah lagi kita punya beberapa waduk penampung air hujan, artinya perencanaan drainase itu sangat penting," jelasnya.

Cak Nur menambahkan, jika permasalahan banjir ini terus terjadi, maka semua instansi terkait harus duduk bersama untuk melakukan evaluasi, agar permasalahan banjir ini tidak lagi menjadi momok warga disaat masuk musim hujan.

"Sekali lagi saya tekankan, pemerintah jangan hanya memikirkan jalan yang bagus, tapi drainase yang baik dan terintegrasi juga sangat penting," pungkas Nuryanto.

Editor: Yudha