Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berikan Akses Ekosistem Digital dan Pembinaan Terpadu

DANA Dukung Digitalisasi UMKM Pekanbaru
Oleh : Redaksi
Rabu | 07-12-2022 | 14:12 WIB
DANA-Pekanbaru.jpg Honda-Batam
Pj Wali Kota Pekanbaru yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs Ingot Ahmad Hutasuhut dan Head of Government Relations DANA Indonesia, Felix Sharief, usai penandatangan Kesepakatan Bersama pada Kamis (1/12/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Pekanbaru - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) senantiasa menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional dengan kontribusi sebanyak 61,07% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan 99% dari jumlah pelaku usaha nasional. Tidak hanya pada level nasional, UMKM menopang perekonomian di seluruh daerah di Indonesia.

Bersama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru dan didukung Bank Indonesia Kantor Wilayah Provinsi Riau, DANA mengadakan kerja sama dalam bentuk digitalisasi Pasar Digital Sukaramai melalui program DANA Academy Pekanbaru.

DANA Academy bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pelaku UMKM lewat pengenalan akses keuangan dan akselerasi transformasi UMKM ke dalam ekosistem digital, serta memberikan wadah bagi para pelaku UMKM untuk berjejaring. Kota Pekanbaru memiliki lebih dari 15.000 UMKM unggulan yang memiliki potensi serta daya saing, khususnya saat didukung oleh digitalisasi.

Dalam kesempatan ini, DANA bersama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru menorehkan komitmen untuk peningkatan pelayanan publik, digitalisasi dan literasi keuangan di Kota Pekanbaru.

Penorehan kerja sama ini secara resmi ditandatanganinya Kesepakatan Bersama pada Kamis (1/12/2022) di Kota Pekanbaru oleh Pj Wali Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs Ingot Ahmad Hutasuhut dan Head of Government Relations DANA Indonesia, Felix Sharief.

DANA berkomitmen untuk memberikan pelatihan melalui DANA Academy kepada UMKM, melakukan sosialisasi penggunaan QRIS kepada masyarakat termasuk para pelaku usaha, serta meningkatkan pelayanan publik dengan menyediakan fitur pembayaran tagihan seperti Pajak Daerah (PBB), BPJS, MPN G3 (Passport, KUA, dll), listrik, air, dan tagihan lainnya untuk masyarakat di Kota Pekanbaru.

"Kemajuan UMKM perlu didukung oleh digitalisasi, pengembangan infrastruktur, serta akses terhadap teknologi dan informasi yang dapat mendorong kapabilitas UMKM lebih jauh lagi. DANA, sebagai perusahaan teknologi, menyadari pentingnya digitalisasi UMKM khususnya melalui inovasi teknologi serta literasi digital bagi para pengusaha UMKM. Peresmian kerja sama dengan Pemko Pekanbaru dalam digitalisasi UMKM melalui pengadaan QRIS, pembinaan serta pelatihan melalui DANA Academy menunjukkan komitmen DANA untuk terus meningkatkan literasi mengenai ekosistem digital dalam rangka percepatan inklusi keuangan di Indonesia," ujar Felix Sharief, dalam keterangan tertulis, Rabu (7/12/2022).

Perjalanan DANA sebagai perusahaan teknologi yang telah hadir selama empat tahun, berhasil menghubungkan lebih dari 650.000 UMKM di seluruh Indonesia dengan ekosistem pembayaran digital dalam rangka mempercepat terwujudnya transformasi digital. Selain turut meningkatkan infrastruktur pembayaran melalui implementasi QRIS, wujud peran serta DANA dalam mengoptimalkan pengembakan UMKM adalah melalui program DANA Academy yang memberikan pelatihan dan pendampingan guna meningkatkan daya saing mereka, serta meningkatkan literasi digital dan literasi keuangan bagi UMKM.

Peningkatan layanan keuangan berbasis digital merupakan salah satu strategi akselerasi inklusi keuangan yang melibatkan peran aktif dari Penyedia Jasa Keuangan (PJP), Pemerintah, serta pemangku kepentingan lainnya. Kesepakatan Bersama antara DANA dan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam upaya peningkatan pelayanan publik, digitalisasi dan literasi keuangan di Kota Pekanbaru, merupakan salah satu wujud sinergi dalam pengembangan potensi perekonomian daerah, serta menghadirkan kolaborasi-kolaborasi baru demi tercapainya transformasi digital serta inklusi keuangan di Indonesia.

Editor: Gokli