Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Salma Orbayinah Terpilih sebagai Ketua Umum PP Aisyiyah, Gantikan Istri Haedar Nashir yang Sudah Menjabat Dua Periode
Oleh : Redaksi
Senin | 21-11-2022 | 08:52 WIB
salma_orbayinah_b.jpg Honda-Batam
Ketua Umum PP Aisyiyah Periode 2022-2027 Salmah Orbayinah (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Hasil Sidang Pleno X telah menetapkan Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah Periode 2022-2027 di GOR FEB UMS, Solo, Minggu (20/11/2022) sore.

Salmah Orbayinah menggantikan Siti Noordjannah Djohantini, istri Ketua Umum PP Miuhammdiyah yang sudah menjabat Ketua PP Aisyiyah selama dua periode.

Menyusul setelah ditetapkannya ketua Umum, Tri Hastuti Nur Rochimah juga ditunjuk sebagai Sekretaris Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Periode 2022-2027.

Ketua panitia pemilihan Muktamar aisyiyah Shoimah Kastolani mengatakan bahwa sebelumnya sidang Pleno VIII Muktamar 48 Aisyiyah telah menetapkan 7 orang formatur anggota Pimpinan Pusat Aisyiyah.

Pihaknya mengatakan bahwa pemilihan oleh anggota Muktamar tersebut berlangsung selama kurang lebih dua jam.

"Kita mulai dari pukul 19.45 hingga pukul 22.15 telah menghasilkan 7 orang formatur anggota Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah," kata Shoimah, Minggu (20/11/2022).

Selanjutnya, Shoimah menjelaskan bahwa tujuh orang tim formatur tersebut memilih 6 orang untuk melengkapi anggota Pimpinan Pusat Aisyiyah hingga berjumlah 13 orang.

Dari hasil sidang yang dilakukan oleh Tim Formatur, telah dipilih 6 orang lainnya sebagai anggota PP Aisyiyah. "Dengan demikian, anggota PP ‘Aisyiyah selanjutnya telah berjumlah 13 orang," katanya.

Sementara itu, dari 13 nama tersebut yang telah terpilih, tampak pula nama-nama yang merepresentasikan angkatan muda. Hal tersebut sesuai dengan pesan Noordjannah saat membuka Sidang Pleno I Muktamar 48 Aisyiyah, 6 November lalu.

"Aisyiyah ke depan harus lebih maju, kecepatannya harus tiga kali lebih cepat dari dinamika yang telah diusahakan periode ini," pungkasnya.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum PP Aisyiyah Salmah Orbayinah Periode 2022-2027 meminta dukungan agar bisa mengemban amanah ini. Aisyiyah, katanya, harus berbenah dengan cepat diri untuk menjawab menghadapi tantangan perubahan kedepan, tantangan digital, dan tantangan yang kompleks lainnya.

Menurut dia, Aisyiyah dihadapkan dengan kondisi banyak perubahan, tantangan digital, dan tantangan yang kompleks lainnya. Aisyiyah harus berbenah diri dengan cepat untuk menjawab tantangan ke depan.

Sehingga perempuan kedepan akan semakin lebih baik lagi dalam menebar kebermanfaatan untuk kita semuamya, dan memberikan manfaat untuk bangsa, negara, serta kemanusiaan semesta.

"Sebenarnya ini sangat berat, saya merasa kepemimpinan periode sebelumnya luar biasa jadi paling tidak saya menjadi pemimpin yang baik tidak akan mundur. Paling tidak mempertahankan atau menjadi lebih baik lagi," kata Salma Orbayinah.

Perempuan yang akrab disapa Bayin itu termasuk wajah baru karena bukan bagian dari 13 anggota PP Aisyiyah periode sebelumnya. Hanya, Bayin menjabat sebagai Ketua Majelis Pendidikan Kader PP Aisyiyah periode sebelumnya.

Dia baru saja lulus pendidikan S3. Berdasarkan buku biodata calon anggota PP Aisyiyah pada Muktamar ke-48 Aisyiyah, perempuan kelahiran Yogyakarta, 29 Februari 1968, itu sehari-hari bekerja sebagai dosen. Dia memiliki segudang pengalaman organisasi sebagai bekal menjadi Ketum baru PP Aisyiyah.

Sejumlah pengalaman Bayin di antaranya menjadi bagian dari Majelis Pendidikan Kader (MPK) PP Muhammadiyah, Ketua MPK PP Aisyiyah, dan seorang kader organisasi otonom Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah.

Selain itu, ibu satu anak tersebut juga memiliki pengalaman organisasi kemasyarakatan, yakni pada bidang penelitian IAI DIY, Perhimpunan Ahli Biokimiawi Indonesia.

Menurut laman resmi Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK UMY), Bayin merupakan seorang lektor Prodi Farmasi.

Bayin menempuh S1 Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan lulus pada 1992. Kemudian pendidikan Profesi PSPA UGM lulus 1993, S2 Ilmu Kedokteran Dasar Fakultas Kedokteran UGM lulus 2021, dan S3 Ilmu Farmasi UGM lulus 2021.

Selan itu, Warga Bantul yang baru terpilih sebagai Ketum PP Aisyiyah tersebut menjabat sebagai Manager Perwakilan Lembaga Pemeriksaan Halal dan Kajian Halalan Thayyiban (LPH-KHT) Muhammadiyah pada 2022 dan Ketua Majelis Pembinaan Kader Pimpinan Pusat Aisyiyah 2022.

Kemudian Bayin juga menjabat Wakil Ketua Majelis Pembinaan Kader Pimpinan Pusat Muhammdiyah 2022, Reviewer pada Journal of Fundamental and Applied Pharmaceutical Science 2021-2022. Juga Sekretaris Prodi Farmasi UMY 2013-2017, Sekretaris Prodi Farmasi UMY 2011-2013, dan Sekretaris Prodi Studi Farmasi UMY 2010-2011.

Segudang pencapaian yang pernah diraih di antaranya Best Presenter 5th International Conference of Medical and Health Science (ICMHS) 2021.

Lalu menjadi Pembicara dalam The First Annual Convention of Muhammadiyah of the United State of America Keluarga Sakinah dan Pendidikan Anak Menurut Muhammadiyah 2020.

Bayin juga pernah menjadi pembicara dalam seminar nasional ancaman disfungsi seksualitas pada generasi milenial dengan obesitas 2020, dan pembicara dalam 6th International Pharmacy Summer School dengan judul materi Interprofessional Education.

Editor: Surya