Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nielsen Gracenote Prediksi Brazil dan Argentina Menang di Piala Dunia 2022
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 18-11-2022 | 13:48 WIB
Nielsen-Gracenote.jpg Honda-Batam
Gracenote, salah satu perusahaan Nielsen, hari ini merilis perkiraan Piala Dunia 2022 dengan mengidentifikasi Brazil dan Argentina sebagai dua negara favorit yang paling mungkin menang di Qatar. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gracenote,salah satuperusahaan Nielsen, hari ini merilis perkiraan Piala Dunia 2022dengan mengidentifikasi Brazil dan Argentina sebagai duanegarafavorit yang paling mungkin menang di Qatar.

Gracenote menggunakan sistem peringkateksklusif di sepak bolauntuk memperkirakan peluang hasil yang berbeda untuk setiap pertandingandiPiala Dunia 2022 melalui simulasiyang menyeluruhuntuk menilai peluang setiap tim mencapaibabak lanjutan di kompetisi tersebut.

Prakiraan akan diperbarui setiap hari selamakompetisidi Nielsen World Cup Data Hub: https://www.nielsen.com/insights/2022/fifa-world-cup-2022-data-hub/.

Spotlight

  • Menurut Gracenote, Brazilsebagai negara yangdifavoritkanuntuk memenangkan Piala Dunia 2022 dengan peluang 20% untuk mengangkatpialaada 18 Desember. Brazil berada di puncak Peringkat Sepak Bola DuniaversiGracenote setelah hanya kalah tiga kali dalam 50 pertandingan sejaktereliminasidari Piala Dunia 2018 oleh Belgia.
  • Argentina memiliki peluang 16% untuk menjadi juara dunia untuk pertama kalinya sejak 1986. Sejak kalah dari Prancis di Piala Dunia 2018, Argentinamengalami kalah diempat pertandingan tetapitim initidak terkalahkan selama lebih dari tiga tahun, sejak kekalahan 2-0 oleh Brasil pada Juli 2019.
  • Jika Brazil dan Argentinamenang dan lolos darigrup masing-masing, mereka akan memasuki faseknockoutdi babak yang sama dan akan bertemu di semifinal. Meskipun demikian, final Piala Dunia antara Brazil dan Argentina saat ini merupakan pertandingan yang paling mungkin terjadi pada 18 Desember menurut simulasi Gracenote.
  • Pesaing Eropaterkemuka untukpialatahun iniadalah Spanyoldan Belanda, keduanya memiliki peluang 7% untuk mengangkatpialadan Belgiadenganpeluang 6%.Pemegang Piala Dunia sebelumnya Prancis berada di urutan berikutnya dimana menurut proyeksi Gracenote memiliki peluang 5% untuk performa yang sama.
  • 16 tim yang paling berpeluang lolos ke faseknockoutPiala Dunia 2022 adalah Argentina, Brazil, Belanda, Portugal, Spanyol, Belgia, Prancis, Uruguay, Denmark, Inggris, Jerman, Swiss, Ekuador, Kroasia, Iran, dan Meksiko.
  • Maroko adalahtim Afrika yang paling mungkin untuk mencapai faseknockouttetapimemulaikompetisi inisebagai favorit ketiga untuklolosdari Grup F,setelahsemifinalistahun2018yakniBelgia dan finalis Kroasia.

"Berdasarkan dominasi mereka terhadap sepak bola internasional sejakgelaranPiala Dunia terakhir, Gracenote memproyeksikan Brazil dan Argentinaakanterus mengungguli pesaingnyadikompetisimendatang. Tidak ada tim lain yang hampir konsisten selama empat tahun terakhir seperti duakekuatanAmerika Selatantersebutdan konsistensi inimenunjukkanbahwa ada peluang bagusbagisalah satu dari merekauntukmenang di depanpemirsa parapenggemar global," kata Simon Gleave,KepalaAnalisis untuk Gracenote Sports, dalam keterangan tertulis, Jumat (18/11/2022).

Peringkat Sepak Bola Dunia Gracenote

Gracenote Sports awalnya mengembangkan peringkat sepak bola miliknya pada tahun 2002. Metodologi berdasarkan sistem Elo yang digunakan untuk peringkat pemain caturyangtelah disiapkanselama 16 tahun. Setiap kali dua tim bersaing, satupoin'kemenangan'dari yang lain tergantungdarihasil, margin kemenangan, siapatim yang menjadi tuan rumahdanrelatif kekuatan dari kedua tim yang bermain. Kami juga mempertimbangkan jumlah poin yang berpindah tangansesuai dengan pentingnyakompetisitersebut, jadi Piala Dunia dan kejuaraan kontinental adalah yang paling penting danpertandinganpersahabatanmenjaditidakpenting.

Sebagai contoh, jika Brazil (peringkat satu) memenangkan pertandingan persahabatan di tempat netral melawan peringkat 30 Kosta Rika 1-0, Brasil akan meningkatkan peringkatnya dengan poin yang relatif sedikit karena hasil itu kurang diharapkan. Namun jika Jerman mengalahkan Brasil 7-1 di Brasil pada Piala Dunia di Brazil, peringkat Jerman akan meningkat pesat dengan mengorbankan Brazil karena keduanya adalah tim yang kuat dan hasil akhir serta margin kemenangan adalah sesuatu yang mengejutkan.

Prediksi Piala Dunia Gracenote

Penilaian pada peringkat tim sepak bola dapat digunakan untuk memperkirakan persentase peluang setiap pertandingan di Piala Dunia 2018 menjadi menang, seri atau kalah untuk masing-masing tim. Persentase ini kemudian dimasukkan ke dalam simulasi Piala Dunia yang kami jalankan satu juta kali untuk menghasilkan perkiraan peluang setiap tim mencapai tahap kompetisi tertentu.

Selama Piala Dunia 2022, simulasi akan dijalankan setelah hasilpertandingan disetiap harinyauntuk menghasilkan prakiraan baru yang mempertimbangkan informasi terkini. Prakiraan baru akan diunggah setiap hari ke Nielsen World Cup Data Hub: https://www.nielsen.com/insights/2022/fifa-world-cup-2022-data-hub/.

Editor: Gokli