Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelajar SMKN 1 Serikuala Lobam Ikuti Seminar Pendidikan dari Pengelola KIB Lobam
Oleh : Harjo
Kamis | 17-11-2022 | 11:41 WIB
seminar-KIB_lobam.jpg Honda-Batam
Pembukaan Seminar Pendidikan di Wisma PT BIIE Lobam, Kabupaten Bintan, Kamis (17/11/2022). (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pelajar SMKN 1 Serikuala Lobam, mengikuti seminar dan industrial visit di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam yang didukung PT I-PEX dengan tema 'SDM Unggul di Dunia Industri'.

Seminar ini berlangsung di Wisma PT Bintan Inti Industri Estate (BIIE), Kabupaten Bintan, Kamis (17/11/2022).

General Meneger PT BIIE, Aditya Laksamana, menyampaikan pihaknya telah mencanangkan 4 pilar Community Development untuk mengimplementasikan CSR perusahaan. Empat pilar tersebut di antaranya bidang pendidikan, ketenagakerjaan, kewirausahaan dan charity.

"Seminar yang dilaksanakan adalah termasuk dalam pilar Pendidikan dengan kerangka rangkaian program BIIE Peduli Pendidikan," katanya.

Dijelaskan, selama tahun 2022, dengan keterbatasan aktivitas selama pandemi, PT BIIE masih dapat mengimplementasikan berbagai kegiatan CSR yang salah satunya adalah di bidang pendidikan yang meliputi beasiswa pendidikan tingkat SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi, serta kelas Bahasa Inggris bagi guru SMP dan SMK, hingga melakukan Bedah Sekolah.

"Kegiatan ini mengundang para ahli praktisi dari dunia industri dan dunia pendidikan untuk memberikan sharing pemahaman terkait bidang HR yang meliputi pembuatan curriculum vitae (cv), tips sukses interview, employee success story, sanksi kedisiplinan hingga bagaimana cara penerapan etos kerja yang berkualitas," paparnya.

Program CSR Pendidikan sangat penting dan dapat dijadikan sebagai pondasi bagi generasi-generasi muda, agar dapat mengejar dan meraih prestasi sesuai minat dan bakat. Tujuan dari kegiatan agar pelajar siswa-siswi bisa mendapatkan wawasan tentang bagaimana bekerja secara profesional, mengetahui suasana lingkungan kerja di dunia industri serta mendapatkan softskill- softskill yang sangat berguna saat akan memasuki dunia kerja.

"Semoga siswa/siswi SMKN 1 Serikuala Lobam menjadi semakin bertambah minat dan semangatnya, untuk terus belajar dan mengejar prestasi, sehingga kebutuhan tenaga profesional yang berstandar internasional dapat terpenuhi oleh SDM tempatan. Diharapkan kedepan semakin banyak sekolah yang ikutserta dalam program ini maupun program CSR lainnya," harapnya.

Hal ini juga bisa menjadi inspirasi bagi tenant di KIB Lobam dan perusahaan lain di Bintan, untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan CSR khususnya di bidang pendidikan.

Seminat ini dibuka Bidang Analis Disdik Bintan, Samsul Maarif, serta dihadiri pimpinan dan staf BIIE, PT I-PEX, perwakilan Kecamatan Serikuala Lobam, para guru SMKN 1 Serikuala Lobam dan pihak lainnya.

Editor: Gokli