Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Politeknik Bintan Cakrawala Gelar Wisuda Perdana 31 Mahasiswa di Lobam
Oleh : Harjo
Selasa | 08-11-2022 | 16:38 WIB
sekda-bintan21.jpg Honda-Batam
Sekda Kepri, Adi Prihantara menghadiri wisuda perdana mahasiswa Politeknik Bintan Cakrawala. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dengan tema "Berpikir Global, Berbudaya Lokal, Bekerja Optimal" Politeknik Bintan Cakrawala (PBC) dengan vokasi kepariwisataan pertama dan satu-satunya di Bintan, menggelar wisuda perdana.

Sebanyak 31 mahasiswa di Auditorium PT Bintan Inti Induatrial Estate (BIIE), Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam, Selasa (8/11/2022).

PBC Resort Campus ini memulai perkuliahan perdana pada tahun 2019, meluluskan 31 mahasiswa yang terdiri dari 16 wisudawan/ti dari Program Studi D3 Seni Kuliner dan 15 wisudawan/ti dari Program Studi D3 Perjalanan Wisata.

Sekertaris daerah (Sekda) Kepri, Adi Prihantara menyampaikan, wisuda mahasiswa PBC memberikan arti penting bagi Bintan dan Provinsi Kepri, karena pariwisata adalah unggulan dan memiliki daya saing di pasar kerja. Dimana, dari 31 mahasiswa yang diwisuda lebih dari 50 persen sudah langsung diterima bekerja.

"Apresiasi juga kepada PBC, serta kabupaten dan kota yang telah memberikan beasiswa kepadamasyarkaat. Untuk Pemprov Kepri tidak hanya memberikan beasiswa, namun semua dengan dua kreteria yaitu siswa berprestasi dan kurang mampu," katanya.

Diharapkan mahasiswa yang baru diwisuda, sebagai generasi milenial harus bisa dan segara beradaptasi, berinovasi dan berkreasi untuk mewujudkan generasi emas, untuk membangun negeri dan bangsa, serta kemandirian pada diri sendiri.

Sementara itu Ketua Yayasan PBC Bintan, Aditya Laksamana, menambahkan bahwa tahun ini wisuda pertama mahasiswa dari dua program untuk D3. Tahun berikutnya untuk progran D4, saat ini yang sudah diwisuda lebih dari 50 persen langsung diterima oleh perusahaan perhotelan baik di Bintan, termasuk di luar negeri.

"Kepada seluruh alumni PBC, diharapkan tetap berprestasi dan menjaga nama bail almamater. Terua mensosialisasikan bahwa perguruan tinggi PBC sangat mempuni untuk mendapatkan pembelajaran," harapnya.

Sebagaimana diketahui meskipun PBC merupakan kampus baru dan meluluskan 1 angkatan, namun Resort Campus ini memiliki banyak prestasi yang sangat membanggakan, baik prestasi tingkat regional hingga Internasional.

Dibalik kesuksesan mahasiswa PBC Bintan tidak terlepas karena ada peran dunia usaha dan industi dalam hal pengajaran. Hal ini dikarenakan tenaga pengajar di Politeknik Bintan Cakrawala bukan hanya berasal dari akademisi, namun juga berasal dari praktisi yang masih berkecipung di dunia usaha dan industri.

Sehingga mahasiswa terus mendapatkan pembelajaran yang relevan dengan perkembangan trend di dunia kepariwisataan.

Editor: Yudha