Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ribuan Pencaker Padati Lokasi Job Fair Batam di Lapangan SP Sagulung
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 07-11-2022 | 12:08 WIB
jab-fair-btm.jpg Honda-Batam
Ribuan Pencaker saat memadati Job Fair di Lapangan SP Sagulung, Kota Batam, Senin (7/11/2022). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam membuka Job Fair di Lapangan Sentosa Perdana (SP) Plaza, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam.

Bursa lowongan kerja ini dibuka selama tiga hari, Senin-Rabu (7-9/11/2022). Ribuan pencari kerja langsung membludak dan memadati lokasi Job Fair.

Pantauan di lapangan, desak-desakan antara pencaker tak terelakkan. Sebab, ribuan pencaker berlomba-lomba sebagai peserta yang mendaftar di hari pertama Job Fair tersebut.

Petugas tampak kewalahan mengatur karena pencaker sangat banyak. "Masih ada dua hari lagi. Jangan dorong-dorong, yang tertib ya," ujar panitia pelaksana Job Fair melalui pengeras suara.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi, yang membuka langsung Job Fair, menyampaikan, pemerintah berencana akan rutin membuka Job Fair serupa untuk mengakomodir kebutuhan pencaker bagi masyarakat Batam.

Namun, Rudi juga berharap agar masyarakat Batam bisa mandiri dengan usaha sendiri atau wiraswasta.

"Jangan berharap kerja di perusahaan. Masyarakat juga harus bisa mandiri dan bisa membuka usaha. Kalau pariwisata hidup, bapak ibu yang memiliki usaha sendiri tentu akan bangkit. Itu yang kita harapkan," imbau Rudi.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam, Rudi Sakyakirti, dalam laporan menuturkan ada 32 perusahaan yang bergantungan dalam bursa lowongan kerja ini. Total lowongan kerja sebanyak 1.880 lowongan kerja.

Meskipun demikian, Kadisnaker juga menyampaikan lowongan kerja ini tetap ada batasannya. Tidak bisa semua pelamar diakomodir.

"Perusahaan punya kriteria masing-masing untuk merekrut karyawannya. Lowongan memang cukup banyak tapi tetap dibatasi," ujar Kadisnaker.

Editor: Gokli