Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berlangsung Meriah, Festival Pelajar Nusantara 2022 di Tanjungpinang Tampilkan Berbagai Pertunjukan
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 27-10-2022 | 19:38 WIB
Festival-Pelajar1.jpg Honda-Batam
Festival Pelajar Nusantara 2022 di Tanjungpinang. (Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Festival Pelajar Nusantara 2022 yang diadakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau berlangsung meriah, Kamis (27/10/2022).

Kegiatan Festival Pelajar Nusantara ini dihelat selama dua hari berturut-turut mulai 27-28 Oktober 2022 secara serentak di seluruh Indonesia dengan menampilkan berbagai pertunjukan dari siswa-siswi SMA/SMK se-Provinsi Kepri dengan tema Bersatu Membangun Bangsa.

Selain itu tampak juga beberapa stand bazar UMKM dari masing-masing sekolah mengenalkan produk kerajinan tangan siswa-siswi dan para guru sekolah berkreativitas.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Adi Prihantara dalam membacakan amanat Gubernur Kepri mengatakan sebagaimana diketahui pelajar merupakan anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan baik informal,formal maupun non formal pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu.

"Pelajar sendiri memiliki kewajiban diantaranya menaati peraturan dan tata tertib instansi pendidikan agar proses belajar mengajar bisa berlangsung dengan kondusif, mengikuti jam pembelajaran dan kegiatan pendidikan maupun kegiatan pendidikan lain," ujar Adi.

Adi melanjutkan pelajar juga memiliki hak yang untuk menggunakan fasilitas yang disediakan sesuai dengan fungsinya. Yang paling utama adalah mendapatkan ilmu pengetahuan baru sesuai dengan tingkatan kelasnya. Pelajar juga memiliki hak untuk di ajar atau dibimbing oleh para pengajar yang berkompeten di bidangnya agar menjadi pintar serta berprestasi.

Berdasarkan data oleh Badan Pusat Statistik pada tahun 2021 di Provinsi Kepulauan Riau tingkat penyelesaian pendidikan menurut jenjang pendidikan SMA/sederajat berada di angka 81,07 persen, SMP/sederajat di angka 92,71 persen dan SD/sederajat di angka 98,16 persen.

"Kita telah beranjak menuju fase masyarakat digital, perubahan dan konvergensi teknologi yang begitu cepat dan merambah ke berbagai hal seperti sosial, ekonomi, dan politik membuat lingkungan aktivitas kita berubah dengan cepat dan terjadi dalam skala besar. Selain itu Pemerintah Provinsi juga memberikan perhatian yang lebih terutama bagi biaya transportasi anak-anak kita yang sedang mengenyam pendidikan di bangku sekolah mengingat letak geografis Provinsi Kepri 96 persen merupakan lautan yang tentunya membuat kita bersama harus memberikan perhatian lebih," ujarnya.

Sementara itu Darno, Kepala RRI Tanjungpinang rangkaian kegiatan Festival Pelajar Nusantara 20202 ini serentak diadakan oleh RRI seluruh Indonesia dengan menggandeng anak-anak pelajar SMA maupun SMK untuk menentukan kreativitas dan inovasi.

"Kegiatan ini dimaksudkan sebagai aktualisasi diri generasi muda yang bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda esok hari. Puncak pada festival pelajar Nusantara ini puncaknya di Solo Jawa Tengah dan dihadiri langsung Presiden Jokowi. Pada kegiatan ini diikuti 17 sekolah SMA/SMK," pungkasnya.

Editor: Yudha