Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Center Ambruk Dilalap Api
Oleh : Redaksi
Kamis | 20-10-2022 | 08:04 WIB
A-Kubah-masjid-jic-Terbakar-1.jpg Honda-Batam
Kubah Masjid Jakarta Islamic Center di Koja, Jakarta Utara ludes terbakar, Rabu (19/10/2022). (Foto: Kompas TV)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC) di Jalan Kramat Raya, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, terbakar lalu ambruk, Rabu (19/10/2022). Kebakaran hebat itu menimbulkan kepanikan bagi warga di daerah itu.

"Kami menerima informasi kebakaran pukul 15.23 WIB. Petugas langsung kami kerahkan ke lokasi. Sumber api berasal dari kubah masjid," kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Rahmat Kristanto, Rabu (19/10/2022).

Sementara itu, petugas renovasi kubah JIC Nano Sumano mengatakan kebakaran ini terjadi pada saat petugas renovasi atap masjid membakar "water proofing" aspal dan percikan apinya mengenai bahan-bahan yang mudah terbakar. "Tiupan angin kencang membuat api terus membesar," kata Nano.

Ia mengaku, puluhan petugas dikerahkan guna meredam sekaligus memadamkan kobaran api. Untuk sementara, pihaknya menerjunkan enam unit mobil pemadam kebakaran.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meninjau langsung lokasi kebakaran. Menurut penjelasan sementara di lapangan, penyebab kebakaran berasal dari pekerjaan renovasi kubah dan tidak ada korban jiwa, serta kebakarannya tidak menyebar ke seluruh bangunan JIC.

"Laporan yang saya terima akibat adanya pekerjaan renovasi kubah, dan tidak ada korban jiwa serta tidak merembet ke seluruh bangunan JIC. Ini kita juga masih koordinasi dengan Polres setempat," ujar Heru.

Heru juga mengapresiasi Dinas Gulkarmat DKI Jakarta yang langsung mengambil tindakan dengan gercep alias gerak cepat, sehingga kebakaran tidak langsung menjalar ke seluruh bangunan.

Selain itu, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) itu juga meminta kepada jajarannya untuk memastikan tidak ada korban jiwa, serta penanggulangan terhadap JIC segera dipercepat.

"Alhamdulillah api sudah dipadamkan oleh Dinas Gulkarmat. Saya apresiasi ini karena sudah merespons cepat. Saya harap segera teliti penyebab kebakaran, dan segera menuntaskan potensi kebakaran lanjutan. Selain itu, kita ingin perbaikan JIC segera ditindaklanjuti," tandas Heru.

Sumber: Republika/RMOL
Editor: Dardani