Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kunjungan Hari Pertama di Inggris, Rudi Paparkan Keunggulan Batam di University of Nottingham
Oleh : Paskalis RH
Kamis | 06-10-2022 | 11:00 WIB
Rudi-David.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi (kanan) menberikan cinderamata kepada Associate Director of Global Engagement, University of Nottingham, David Ouchterlonie, Selasa (4/10/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi menyampaikan keunggulan Kota Batam sebagai tujuan investasi saat berkunjung ke Inggris. Kunjungan pertamanya dilaksanakan pada Selasa (4/10/2022) di University of Nottingham.

Juru bicara Delegasi Indonesia, Deputi Sekretaris Kabinet Bidang Perekonomian, Satya Bhakti Parikesit, menyampaikan maksud kunjungan tersebut merupakan rangkaian promosi investasi dari Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus. BP Batam dijadwalkan akan mengunjungi beberapa Universitas di Inggris.

"BP Batam akan mengundang beberapa Universitas di Inggris termasuk Nottingham University, untuk mendirikan Universitas di Kawasan Ekonomi Khusus," kata Satya.

Sementara Muhammad Rudi menerangkan, Batam sedang dikembangkan sebagai hub logistik internasional, industri kedirgantaraan, industri light and valuable, industri digital dan kreatif, international trade and finance center dan integrated health tourism.

"Batam kota industri dan jasa yang lokasinya berdekatan dengan Singapura dan Malaysia, untuk meningkatkan daya saing Batam, dibutuhkan SDM yang berkualitas. Untuk itu mereka harus mempunyai akses ke pendidikan internasional yang berkualitas juga," jelas Muhammad Rudi di Park Campus - Nottingham University, Inggris, Selasa (4/10/2022).

Untuk itu, pihaknya mengundang Universitas-universitas Internasional untuk membuka Universitas di Kawasan Ekonomi Khusus di Batam, yang pasarnya tidak hanya Batam, tetapi seluruh Indonesia dan kawasan regional ASEAN.

Associate Director of Global Engagement, University of Nottingham, David Ouchterlonie, menyambut baik atas kunjungan pemerintah Indonesia. Ia menyampaikan bahwa Keberadaan Universitas Nottingham banyak memberi manfaat ekonomi dan lapangan kerja bagi Inggris.

Disebutkan, University of Nottingham adalah penyumbang terbesar keenam penciptaan lapangan kerja di Kota Nottingham. Menyumbang 838 juta pounsterling terhadap PDB Inggris, di mana 700 juta pounsterling di antaranya untuk PDRB Kota Nottingham.

Nottingham University juga menciptakan 18.417 pekerjaan di seluruh Inggris dan 8.000 diantaranya untuk Kota Nottingham. Setiap tahun Nottingham University juga menarik 31.500 pengunjung untuk datang ke Nottingham setiap tahun.

"Kehadiran mahasiswa Internasional yang kuliah di Nottingham University setiap tahunnya menyumbang 106.3 juta poundsterling per tahun untuk PDRB Inggris," sebut David.

Dalam kesempatan itu juga, Muhammad Rudi sempat mempromosikan Batik Batam Marlin sebagai cinderamata dari daerah Kepulauan Riau.

Namun uniknya, David Ouchterlonie yang juga selaku pimpinan pertemuan ternyata juga mengenakan dasi bermotif batik Indonesia. Hal itu menurut Muhammad Rudi menunjukkan, batik sudah cukup familiar di Nottingham.

"Semoga kehadiran kami di sini akan memberi dampak pada ekonomi, penciptaan lapangan kerja dan transfer knowledge terhadap pendidikan tinggi di Batam," harap Muhammad Rudi.

Editor: Gokli