Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemindahan Markas Koarmada I dari Jakarta ke Tanjungpinang Ditargetkan Selesai pada 5 Desember 2022
Oleh : Irawan
Selasa | 27-09-2022 | 16:20 WIB
ksal_yudo_b.jpg Honda-Batam
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menargetkan pemindahan Markas Komando Armada I (Koarmada I) dari Jakarta ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau, selesai pada 5 Desember 2022 mendatang.

Ia berharap operasional Markas Koarmada I di Tanjungpinang bisa dijalankan tepat pada momentum Hari Armada Republik Indonesia yang dirayakan setiap tanggal 5 Desember.

"Nanti saya tetapkan pada HUT Armada tanggal 5 Desember, nanti sudah melaksanakan Hari Armada di sana," ujar Yudo di Markas Koarmada I, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Adapun pemindahan markas tersebut tak lepas dengan adanya satuan baru Koarmada Republik Indonesia (Koarmada RI) yang dibentuk pada 21 Januari 2022.

Selain pemindahan Markas Koarmada I, TNI AL juga akan menggeser Markas Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV dari Tanjungpinang ke Batam, dan Pangkalan TNI AL (Lanal) Batam bergeser ke Tanjung Uban.

Sedangkan untuk keberadaan fasilitas sarana dan prasarana di markas baru tersebut sudah terbilang cukup untuk kebutuhan prajurit.

"Gedung-gedung yang mungkin sudah kurang layak kita renov. Tapi secara administrasi kemarin sudah kita gelar di sana," ucap Yudo.

Sementara, Markas Koarmada I yang berada di Jakarta akan ditempati Koarmada RI, yang sebelumnya berkantor tepat di samping Markas Koarmada I.

"Koarmada RI nanti di sini (Markas Kormada I). Jadi Koarmada RI yang di gedung sebelah itu nanti kita tempatkan di Jakarta, di Koarmada I," imbuh dia.

Sebagai informasi, pemindahan Markas Koarmada I tak lepas karena adanya satuan baru Koarmada RI. Selain faktor kehadiran Koarmada RI, pemindahan Markas Koarmada I juga agar TNI AL lebih mudah memantau wilayah yang tergolong strategis.

Antara lain, perairan Sabang, Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Natuna Utara, hingga Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI I) yang melintasi Laut Cina Selatan, Selat Karimata, Laut Jawa, Selat Sunda, Samudra Hindia.

Editor: Surya