Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

NasDem Bakal Umumkan Capres dan Koalisi 10 November Mendatang
Oleh : Redaksi
Senin | 26-09-2022 | 17:09 WIB
A-SAHRONI-DPR-RI11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni mengatakan koalisi dan capres dari NasDem untuk Pemilu 2024 akan diumumkan pada 10 November mendatang.

Dia pun enggan membocorkan apakah sudah ada kesepakatan dengan partai lain atau belum soal koalisi. "Koalisi, ya tanggal 10 November itu," kata Sahroni usai acara Peletakan Batu Pertama RS Toto Tentrem di Tebet, Jakarta Selatan, Senin (26/9/2022).

Sahroni mengatakan koalisi dan capres akan diumumkan oleh Surya Paloh. Dia meminta semua pihak bersabar. "Kan ada tiga nama nanti akan diumumin sama babe gue (Surya Paloh) November. Tinggal tunggu tanggalnya," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai NasDem Ahmad Ali mengungkapkan rencana koalisi dengan Partai Demokrat dan PKS semakin besar peluangnya. Kesamaan pandangan ketiga partai sudah mencapai 80%.

"Kita berusaha secepatnya (penentuan koalisi dan capres). Presentase, angkanya harusnya lebih besar. Dengan Demokrat, dengan PKS itu sudah sangat ya katakanlah sudah 80%. Untuk kita samakan pandangannya," ungkap Ahmad Ali kepada wartawan usai Konsolidasi Kader NasDem Jelang Pemilu 2024 di Hotel Claro Makassar, Minggu (25/9) malam.

Tapi, Ahmad Ali juga mengisyaratkan jika koalisi yang hampir pasti itu bisa saja batal. "Bisa jadi 20% itu bisa sangat menentukan jadi atau tidaknya kan," imbuhnya.

Sehingga menurut Ahmad Ali, penentuan koalisi tidak perlu terburu-buru. Namun harus direncanakan dengan matang.

"Kita ingin membangun koalisi setelah semua hal clear. Kita tidak mau koalisi yang kita bangun pecah di ujung, bubar di ujung karena kemudian tidak terjadi kesepakatan tentang orang, tentang figur," bebernya.

Rencana koalisi antara NasDem, PKS dengan Demokrat diketahui memang semakin menguat. Apalagi setelah ada pertemuan antara Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketum NasDem Surya Paloh, Gubernur DKI Anies Baswedan hingga Wapres RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) bertemu di resepsi pernikahan anak politikus NasDem Sugeng Suparwoto.

Sumber: Detik.com
Editor: Yudha