Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kerap Diterjang Banjir, Warga Tanjunguncang Minta Pemko Batam Normalisasi Drainase Induk
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 22-09-2022 | 12:17 WIB
banjir_batuaji-drainase-harus-normalisasi-01.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Banjir melanda pertokoan Komplek Ruko Taman Carina, Tanjunguncang. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga Perumahan Carina, Kelurahan Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji, Kota Batam, sudah lebih dari 3 pekan kerap dilanda banjir. Hal itu disebabkan drainase induk sudah menyempit dan tidak bisa menampung debit air yang cukup tinggi.

Hal ini berdampak pada genangan air bajir yang kerap dirasakan warga sekitar. Ketua RW 02 perumahan Taman Carina, Hakimin, menyampaikan, perangkat RT/WR sudah meminta kepada pemerintah untuk menurunkan alat berat escavator untuk menormalisasi drainase induk di belakang perumahan Taman Carina RW 02.

"Perumahan kami kerap kebanjiran dan tergenang akibat hujan lebat. Kami memohon kepada Lurah untuk meminta Dinas terkait untuk melakukan normalisasi drainase induk," kata Hakimi, Kamis (22/9/2022).

Yang paling parah, genangan air kerap dirasakan warga pertokoan Komplek Ruko Taman Carina. sehingga aktivitas warga sekitar lumpuh total saat kenangan air melanda pemukiman.

"Drainase terlalu kecil sehingga tidak bisa menampung debit air. Ditambah lagi drainase tersumbat yang memperlambat air mengalir. Biasanya tidak separah ini genangan airnya. Tapi ini gara-gara kiriman dari jalan raya yang lagi ada proyek pelebaran jalan yang menambah debit air makin banyak," ujar Hakimin lagi.

Lurah Tanjunguncang, Tengku Akbar, mengaku akan menindaklanjuti keluhan warga Perumahan Carina. Dia mengaku sudah berkordinasi dengan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam.

"Secepatnya kita akan tindak lanjuti surat pengajuan normalisasi. Kami akn kordinasi kn l ke dinas terkait," jelasnya.

Editor: Gokli