Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPD APRINDO Kepulauan Riau Dilantik

Sektor Retail di Kepri Masih Memiliki Peluang Besar
Oleh : Sumantri
Jum'at | 18-02-2011 | 17:24 WIB

Batam, batamtoday - Provinsi Kepulauan Riau dipandang memiliki potensi strategis dalam kemajuan berbagai sektor industri termasuk sektor retail yang dipandang masih memiliki peluang besar untuk berkembang pesat sehingga keberadaan asosiasi diharapkan dapat memediasi dan memajukan sektor tersebut.

"Kepulauan Riau adalah wilayah yang strategis untuk berbagai kemajuan industri, termasuk sektor retail, jadi dengan didirikannya DPD APRINDO Prov. Kepulauan Riau, diharapkan dapat menaungi pelaku sektor retail dalam menjalankan usahanya," kata Rudy Sumampouw, Sekretaris Jendral Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (APRINDO) Pusat usai melantik kepengurusan Provinsi Kepulauan Riau, Jumat, 18 Februari 2011.

Rudi mengatakan pembentukkan DPD APRINDO Provinsi Kepri berdasarkan pertimbangan, belum adanya organisasi yang menaungi sektor retail di wilayah ini dan juga memediasi sektor retail dan memajukan sektor retail di wilayah Kepulauan Riau..

Hingga saat ini, lanjut Rudi, lembaga yang memayungi pengusaha di sektor retail tersebut telah memili anggota sebanyak 507, yang terdiri dari berbagai perusahaan retail di Indonesia, sejak didirikan pada 11 November 1994.

Rudi juga mengungkapkan total outlet yang dinaungi oleh APRINDO saat ini tercatat lebih dari 12.000 di seluruh Indonesia. Data APRINDO juga menyatakan tenaga kerja yang terserap di sektor industri retail mencapai lebih dari 1.2 juta orang dan kontribusi di sektor retail terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2010 tercatat sebesar 1% serta pertumbuhan sektor retail sendiri pada tahun 2010 mencapai 12%.

Di lain pihak, ketua DPD APRINDO Provinsi Kepulauan Riau yang baru ditetapkan untuk periode 2011-2016, Susilo Sulistiawan kepada batamtoday menyatakan dengan didirikannya asosiasi ini diharapkan bisa bersinergi dengan pemerintah dan pengusaha di sektor lain untuk saling mendukung dalam memajukan perekonomian daerah.

"Beberapa program memang telah kita agendakan untuk tahun ini dan hal tersebut merupakan upaya dari APRINDO untuk memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri retail yang bertujuan mensejahterakan masyarakat, salah satunya dengan menggelar bazaar pasar murah yang digelar secara periodik," ujar Susilo.