Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buka In House Training, Rahma Ingin Guru PAUD Tanjungpinang Makin Profesional dan Terbaik
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 15-09-2022 | 19:00 WIB
In-House-Training-TPI.jpg Honda-Batam
Wali Kota Hj Rahma, saat membuka In House Training peningkatan kompetensi guru PAUD se-Kota Tanjungpinang di Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang, Kamis (15/09/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pendidikan (Disdik) menggelar In House Training Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kota Tanjungpinang.

Kegiatan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru PAUD ini secara resmi dibuka Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, di Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang, Kamis (15/09/2022).

In house training ini juga diintegrasikan dengan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada jenjang pendidikan anak usia dini.

Wali Kota Rahma mengatakan, In House Training bagi guru PAUD ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman terkait pemberlakuan kurikulum merdeka. Karena, ini berbeda daripada kurikulum sebelumnya.

Menurutnya, kurikulum merdeka ini bila dilihat dari sisi pemberlakuannya jauh lebih mudah, karena setiap guru dituntut agar mampu berinovasi sesuai kondisi dan kemampuan anak didiknya. "Indikator pencapaian harus menjadi target utama. Tentu butuh banyak referensi, supaya mereka siap," ucapnya.

Saat ini, kata Rahma, dalam penerapan kurikulum merdeka ini masih ada toleransi. Bagi lembaga pendidikan yang siap, disegerakan. Yang belum, dilakukan pembinaan dari Dinas Pendidikan untuk persiapannya.

"Kita juga tidak bisa menunggu lama, karena ini sudah terus berjalan. Ibaratnya, orang sudah berlari, masa kita masih berjalan," ucapnya.

Dikatakan Rahma, secara otomatis dalam implementasinya membutuhkan banyak referensi bagi guru PAUD. Apalagi, dengan kemajuan teknologi informasi dan media saat ini, para pendidik bisa mendapatkan banyak pembelajaran.

"Namun, tentulah ini tergantung sejauh mana kemauan guru tersebut untuk terus menambah ilmu, wawasan, dan kompetensi terhadap tugas dan fungsinya sebagai guru PAUD Kota Tanjungpinang," ujarnya.

Untuk itu, Rahma meminta kepada seluruh peserta agar benar-benar mengikuti In House Training ini dengan serius dan fokus. Karena, kurikulum merdeka ini mempersiapkan guru untuk lebih leluasa dan lebih fleksibel. Tentunya, dituntut untuk menghadirkan yang namanya kinerja.

"Saya ingin, guru PAUD se-Kota Tanjungpinang ini mampu menjadi guru profesional, terbaik, dan terus mengejar perubahan demi mencerdaskan calon-calon pemimpin di kota yang kita cintai ini," pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Endang Susilawati, menuturkan In House Training ini diikuti sebanyak 120 orang tenaga pendidik dan kependidikan lembaga PAUD dan akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai 15-17 September 2022.

"Selama dua hari peserta akan diberikan pembelajaran di kelas. Seharinya kegiatan family gathering untuk memperkuat kerja sama dan semangat kerja para guru," sebutnya.

Editor: Gokli