Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Semakin Dijagokan Jadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Akademisi: Bahtiar Penuhi Semua Kriteria
Oleh : Irawan
Minggu | 04-09-2022 | 08:04 WIB
Bahriar_Kemendagrib1.jpg Honda-Batam
Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar (Foto: Kemendagri)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Setelah namanya dimuculkan sebagai sosok yang pantas untuk menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI, kini Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemedagri), Bahtiar, jadi perhatian banyak kalangan.

Banyak yang menilai, kalau Bahtiar memang layak dan pantas dipilih menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan yang tidak lama lagi lengser.

"Sebenarnya siapa pun bisa dipilih untuk menjabat sebagai Pj Gubernur DKI, tapi tentunya harus memenuhi syarat atau kreteria yang memang sudah ditentukan," kata akademisi dari Universitas Indonesia (UI), Aditya Perdana, Sabtu (3/9/2022).

Dosen Ilmu Politik FISiP UI ini melihat ada dua hal penting yang harus diperhatikan oleh calon yang diusulkan untuk menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta. Pertama, si calon harus memenuhi syarat atau ketentuan regulasi terlebih dahulu, sebelum dicalonkan.

"Secara regulasi calon yang diusulkan menjadi Pj Gubernur Jakarta, harus berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan secara kepangkatan harus sudah eselon 1," terangnya.

Setelah unsur regulasi terpenuhi, lanjutnya, baru masuk tahap kedua. Ditahap kedua, calon yang akan diusulkan untuk Pj Gubernur DKi tidak hanya harus pandai atau lihai dalam urusan birokrasi, tetapi harus bisa dan sanggup menyelesaikan semua persoalan di Jakarta yang sangat komplek dan belum terselesaikan oleh gubernur sebelumnya.

"Persoalan di Jakarta ini sangat kompleks dan beragam. Oleh karenanya, Jakarta ini harus dipimpin oleh orang yang tidak hanya ahli dalam birokrasi, tapi harus pintar dan pandai berkomunikasi dengan semua pihak," kata Aditya.

"Dari pandangan saya, sebagai pihak eksternal, saya kira Pak Bahtiar sudah memenuhi kriteria untuk jadi calon Pj Gubernur DKI Jakarta. Tapi semuanya kan ada di tangan Pak Presiden yang memilih," sambungnya.

Akademisi lulusan Magister Ilmu Politik UI dan Doktor Ilmu Politik dari Universitas Hamburg, Jerman ini memberi catatan, kalau pekerjaan Pj Gubernur Jakarta saat ini dan ke depan tidak mudah.

Sebab di depan sudah menunggu Pemilu 2024 yang tentunya suasana aman dan kondusifnya Kota Jakarta harus benar-benar dijaga.

"Dengan jabatannya sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum), saya kira Pak Bahtiar bisa mengatasi setiap persoalan yang terjadi di Jakarta baik sekarang maupun ke depanya. Untuk itu Pak Bahtiar sangat cocok dan tepat jika dipercaya menjadi Pj Gubernur DKI," pungkasnya.

Editor: Surya