Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringatan HUT RI ke-77, DLH Bintan Gelar Aksi Pungut Sampah Merdeka
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 25-08-2022 | 19:29 WIB
aksi-pungut-sampah1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Aksi Pusaka (Pungut Sampah Merdeka) dalam rangka peringatan HUT RI ke 77 Pemkab Bintan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pemkab Bintan menggelar Aksi Pusaka (Pungut Sampah Merdeka) dalam rangka peringatan HUT RI ke 77 dengan leading sektor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bintan, Kamis (25/8/2022) pagi.

Kepala DLH Kabupaten Bintan, Aprizal Bahar menuturkan bahwa aksi ini merupakan upaya sosialisasi kepedulian dalam pengurangan sampah di Kabupaten Bintan. Menurutnya aksi pungut sampah disertai dengan jalan sehat, juga merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar yang harus terus digalakkan.

Harapannya tentu dengan sosialisasi tersebut aksi peduli pengurangan sampah dari rumah dapat kembali dibudidayakan sejak dini. Hal ini tentu harus dimulai dari lingkungan pemerintah daerah sendiri sebagai pelaksana program dalam pengurangan sampah.

"Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan terus digalakkan dimasa yg akan datang," ujarnya.

Dikatakannya juga bahwa dalam rangka penilaian Adipura oleh Kementerian LHK diharapkan partisipasi dari semua pihak untuk dapat menjaga lingkungan sekitar termasuk dengan aksi tidak membuang sampah sembarangan. Tidak membakar sampah, dan memulai sejak saat dini untuk melakukan pemilahan sampah mulai dari rumah dengan partisipasi aktif ke bank sampah yg sudah ada wilayah nya masing-masing.

Dalam aksi pungut sampah disepanjang jalan Kecamatan Bintan Timur tersebut yang melibatkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bintan,, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Bintan serta Kecamatan Bintan Timur setidaknya mampu mengumpulkan sekitar 56,29 kg sampah.

"Kami juga mengucapkan terimakasih untuk dukungan aksi OPD di lingkungan Bintan Timur yang telah ikut serta mensukseskan aksi ini termasuk penggiat lingkungan/ kelompok bank sampah yang turut membantu Pemerintah Kabupaten Bintan dalam pelaksanaan pengurangan sampah di Kabupaten Bintan," tutupnya.

Editor: Yudha