Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Verifikasi Administrasi Parpol Peserta Pemilu 2024, KPU Karimun Siapkan 6 Verifikator
Oleh : Freddy
Selasa | 16-08-2022 | 13:00 WIB
verifikator-karimun.jpg Honda-Batam
Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko bersama Tim Verifikator administrasi Parpol peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU Karimun, Selasa (16/8/2022). (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - KPU Karimun telah mempersiapkan 6 verifikator untuk memverifikasi administrasi Parpol peserta Pemilu 2024.

Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko, menyampaikan verifikasi administrasi dimulai hari ini, Selasa (16/8/2022) hingga Selasa (29/8/2022). Verifikasi dimulai pada pukul 08.00 WIB di Kantor KPU Karimun.

"Ruangan dan perangkat serta tim verifikator sebanyak 6 orang sudah siap untuk melaksanakan tugasnya dan langsung diawasi oleh Bawaslu Kabupaten Karimun," kata Eko.

Dikatakannya, terkait dengan pelaksanaan verifikasi administrasi Parpol, jika diperlukan, KPU Karimun akan melakukan penambahan tenaga verifikator. Verifikasi administrasi ini berlangsung serentak se-Indonesia.

"KPU Karimun dan KPU seluruh Indonesia mendapat jatah untuk melaksanakan verifikasi administrasi selama dua pekan," ujar dia.

Dalam prosesnya nanti, kata Eko, Parpol masih diberi kesempatan untuk melengkapi syarat administrasi yang dibutuhkan kurun waktu dua pekan itu, jika memang ada yang kurang.

Diketahui, jumlah Parpol di Karimun hingga saat ini sebanyak 34, baik yang mempunyai kursi di DPRD maupun yang tidak.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Karimun, Nurhidayat, mengatakan, pihaknya akan turut mengawasi proses verifikasi administrasi yang dilakukan di Kantor KPU Karimun. Hal ini, kata dia, sesuai dengan Tupoksi Bawaslu.

Editor: Gokli