Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasca Banjir, Pemkab Bintan Segera Normalisasi Waduk Sei Datuk Kijang
Oleh : Syajarul Rusydy
Jumat | 05-08-2022 | 19:32 WIB
roby-banjir1.jpg Honda-Batam
Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan berbincang dengan warga yang terkena musibah banjir di Bintan Timur. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan segera menormalisasi Waduk Sei Datuk Kijang karena perkampungan disekitarnya kerap jadi langganan banjir.

Hal itu disampaikan Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan meninjau wilayah yang terkena banjir di wilayah Kecamatan Bintan Timur, Jumat (5/8/2022) sore.

"Pemerintah daerah telah membahas beberapa langkah-langkah dalam mengatasi masalah banjir," ujar Roby.

Dikatakannya juga bahwa ia telah meminta Dinas PUPR Bintan dengan tenggat waktu 5 hari setidaknya dapat menyiapkan skema jangka pendek untuk mengatasi dan meminimalisir permasalahan banjir.

"Sudah kita minta Dinas PUPR Bintan untuk segera mendata solusi yang akan dilakukan segera khususnya terkait perencanaan kolam retensi serta permasalahan normalisasi waduk sei datuk dan selokan-selokan yang mengakibatkan permasalahan banjir," ujarnya.

"Yang jelas akan kita lakukan penyelesaian masalah banjir untuk jangka waktu pendek, sesegera mungkin. Sementara untuk jangka panjang, kita akan kolaborasi bersama Pemprov Kepri serta Satker BWS terkait penyelesaian banjir tersebut karena DED penyelesaian banjir yang direncanakan pada tahun 2021 saja membutuhkan anggaran setidaknya mencapai Rp 41 miliar," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Roby menyerahkan bantuan pribadi berupa beras 5 kg kepada 477 KK warga Kecamatan Bintan Timur yang terdampak musibah banjir.

Editor: Yudha