Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dunia Diminta Terapkan Hasil Rio+20
Oleh : Redaksi/Hjauku
Senin | 30-07-2012 | 11:59 WIB

NEW YORK, batamtoday - Presiden Sidang Umum PBB, Nassir Abdulaziz Al-Nasser, meminta semua negara menerapkan hasil Konferensi Pembangunan Berkelanjutan (Rio+20).


“Kita telah menetapkan masa depan yang kita inginkan, sekarang yang terpenting adalah implementasinya,” ujar Al-Nasser, pekan lalu.

Sebanyak 100 Kepala Negara dan Pemerintahan bersama dengan lebih dari 40.000 perwakilan dari lembaga swadaya masyarakat, perusahaan dan masyarakat sipil hadir dalam konferensi yang berlangsung bulan lalu untuk menciptakan kebijakan-kebijakan baru guna menciptakan kesejahteraan, mengurangi kemiskinan sekaligus meningkatkan keadilan sosial dan perlindungan atas alam.

Cara meraih tujuan-tujuan tersebut sudah ditetapkan dimulai dengan menentukan target-target pembangunan berkelanjutan; beralih ke ekonomi hijau; memerkuat peranan Program Lingkungan PBB (UN Environment Programme, UNEP); mendorong sistem pelaporan perusahaan yang berkelanjutan; meningkatkan kualitas hidup masyarakat; mengembangkan strategi pembiayaan pembangunan dan pola produksi serta konsumsi yang berkelanjutan.

Dokumen Rio+20 juga memberikan penekanan pada upaya meningkatkan kesetaraan jender; mengakui pentingnya partisipasi sukarela masyarakat dalam pembangunan serta menekankan pentingnya melibatkan masyarakat sipil dan menggunakan ilmu pengetahuan.

Rio+20 diselenggarakan 20 tahun setelah Konferensi Bumi (Earth Summit) pada 1992 yang menetapkan Agenda 21 – cetak biru pertumbuhan ekonomi yang mengedepankan keadilan sosial dan perlindungan lingkungan. Pasca Rio+20, menurut Al-Nasser, “Kerja sama pembangunan antar negara harus dilanjutkan guna menciptakan solusi bagi tantangan-tantangan global.”