Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berikut Ini Cara Buat Takjil Es Kacang Merah
Oleh : Redaksi
Senin | 30-07-2012 | 10:01 WIB
Es_Kacang_Merah.jpg Honda-Batam
Es Kacang Merah, foto:sedapsaji

BATAM, batamtoday - Kacang merah memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Di Indonesia juga tak kalah, kacang merah menjadi bahan dasar sejumlah makanan lezat, salah satunya Es Kacang Merah.


Es Kacang Merah adalah takjil buka puasa yang lezat dan segar. Kacang merah yang manis berpadu dengan aroma kayu manis, menambah kelezatan sajian ini.

Bahan yang harus disiapkan:
  1. 150 gram kacang merah yang sudah dicuci bersih
  2. 1 cm kayu manis
  3. 1200 ml air

Bahan Sirup:
  1. 100 gram gula merah iris
  2. 125 gram gula pasir
  3. 800 ml air

Bahan Pelengkap:
  • 50 ml susu kental manis
  • Es batu

Bahan Hiasan:
  • Jeruk lemon iris
  • 1 pucuk daun mint

Cara pembuatannya

Siapkan panci, lalu tuangkan 1200 ml air ke dalam panci, kemudian masukkan kacang merah yang sudah dicuci bersih, dan kayu manis. Masak kacang merah selama 1 jam dengan api besar hingga air menyusut. Setelah air menyusut, aduk sebentar, lalu ambil 1 buah kacang merah, tekan dengan tangan, apabila sudah empuk menandakan kacang merah sudah matang. Lalu matikan api, siapkan saringan, masukkan kacang merah ke dalam saringan, lalu tiriskan airnya.

Siapkan Sirup Sirup:

Siapkan kembali panci, tuang 800 ml air ke dalam panci, kemudian masukkan irisan gula merah dan gula pasir. Aduk hingga gula larut dan masak hingga mendidih dengan api besar. Jika sudah mendidih, masukkan kacang merah, aduk kembali, masak hingga meresap selama 10 menit. Setelah 10 menit air sudah mendidih kembali, matikan api, dan siapkan gelas saji.

Saran Penyajian:

Tuangkan 1 sendok sayur kacang merah ke dalam gelas saji, siram dengan sirup gula hingga setengah gelas, kemudian berikan es batu hingga penuh, lengkapi dengan susu kental manis, terakhir hias dengan jeruk lemon iris pada sisi gelas dan pucuk daun mint di atasnya. Es Kacang Merah siap disajikan sebagai teman berbuka puasa.

Kandungan Gizi

Kacang merah mengandung nutrisi protein nabati yang tinggi. Namun dibanding sumber protein hewani, protein pada kacang merah memiliki sifat rendah lemak, sehingga aman untuk kesehatan jantung. Kandungan protein pada kacang merah juga dapat menghambat tumbuhnya kanker usus besar. Selain itu, Kacang merah juga baik bagi penderita diabetes, karena bisa menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.