Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

MAN I Batam Terima 374 Siswa Baru pada PPBD 2022
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 15-07-2022 | 10:40 WIB
MAN-I-BTM.jpg Honda-Batam
Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Batam di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sei Binti, Kecamatan Sagulung. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Batam tahun ajaran 2022/2023 menerima setidaknya 374 siswa lewat pendaftaran peserta didik baru (PPDB).

Sekolah yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sei Binti, Kecamatan Sagulung menerima tiga jalur penerimaan yakni jalur MAN-PK, jalur Prestasi, dan jalur Reguler. Dari 374 orang terdiri dari, 360 siswa kelas reguler dan 14 orang siswa full mondok.

"Tahun ini pendaftaran PPDB kurang lebih 800 pendaftar, tetapi yang kita kita terima sekitar 374 siswa sesuai data tampung sekolah. Alhamdulilah sampai sejauh ini berjalan lancar," ujar Kepala MAN I Batam, Dra Hj Khairina, melalu Humasnya, Rio Nur Iman, Jumat (15/7/2022).

Jalur MAN-PK atau jalur MAN Program Keagamaan (PK) merupakan jalur yang diperuntukkan bagi calon siswa MAN Batam yang memiliki minat dan bakat sebagai calon ulama dan kader da'wah. MAN-PK adalah jurusan yang dikhususkan untuk calon siswa MAN Batam yang ingin mendalami pembelajaran dan pengetahuan keagaaman melalui metode pembelajaran pondok pesantren. Program ini khusus untuk laki-laki dan wajib di asrama selama tiga tahun.

Jalur Prestasi merupakan jalur yang diperuntukkan bagi calon siswa MAN Batam yang memiliki prestasi di bidang akademik atau non akademik dalam tingkatan perlombaan kota, provinsi, nasional, dan internasional. Jalur prestasi dapat dibuktikan dengan sertifikat atau piagam penghargaan yang diunggah pada saat melakukan pendaftaran.

Jalur Reguler merupakan jalur seleksi umum bagi calon siswa/i MAN Batam. Jalur reguler dilaksanakan seletelah jalur MAN-PK dan jalur Prestasi selesai dilaksanakan. Mata pelajaran yang diujikan pada saat seleksi umum merupakan mata pelajaran umum SMP/MTs yang terdiri dari Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PAI, IPA, dan IPS.

MAN 1 Batam juga mulai menggunakan gedung baru bantuan dari Kementerian Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum (PUPR) tahun 2019 lalu. "Gedung ini sempat tidak digunakan saat Covid-19, tetapi alhamdulilah gedung baru sebanyak 27 lokal bantuan dari PUPR sudah bisa digunakan," pungkasnya.

Editor: Gokli