Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

3 Orang Lulus Bintara Polri

Belum Terima Ijazah, Puluhan Siswa SMKN 5 Batam Telah Diterima di Perusahaan Besar
Oleh : Paskalis RH
Kamis | 07-07-2022 | 13:40 WIB
SMKN-5-BTM.jpg Honda-Batam
Siswa SMKN 5 Batam yang diterima bekerja di PT Caterpillar. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan lulusan SMKN 05 Batam telah resmi diterima di sejumlah perusahaan besar di Batam. Uniknya, para siswa tersebut belum belum mendapatkan ijazah, namun sudah ditempatkan dan bekerja sebagai karyawan.

Menurut Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 05 Batam, Agus Sahrir, setiap tahunnya SMKN 05 selalu menjadi penyuplai tenaga kerja bagi perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di sektor industri dan galangan kapal yang ada di Kota Batam.

"SMKN 05 mempunyai tekad untuk mengajar dan mendidik serta menyiapkan para siswa berdasarkan kealihan untuk langsung bekerja setelah lulus," kata Agus melalui sambungan selularnya, Kamis (7/7/2022).

Agus menjelaskan, berdasarkan rekap penelusuran alumni yang tamat di SMKN 05 Batam pada tahun 2022 sebanyak 789 siswa. Dari jumlah itu, kata dia, sebanyak 51 siswa telah diterima di sejumlah perusahaan ternama di Kota Batam.

"Dari data yang kami himpun, sudah 51 siswa telah diterima bekerja sebagai karyawan di sejumlah perusahaan. Namun, data itu bisa berubah sewaktu-waktu, sehingga kita tidak bisa memastikan berapa siswa yang telah bekerja," ujar Agus.

Dari ke-51 siswa tersebut, semuanya belum menerima ijazah secara resmi namun sudah ditempatkan di sektor industri. Bukan perusahaan ecek-ecek, nama PT Sumitomo, PT Batamec dan PT Caterpillar serta PT Nov Profab selalu merekrut karyawan dari lulusan sekolah SMKN 05 Batam.

"Lulusan SMKN 05 Batam dinilai perusahaan memiliki keterampilan dan sikap disiplin yang baik ketika bekerja. Hal ini sangat dibutuhkan di sektor industri," tuturnya.

Agus menyebutkan, dari 51 siswa yang telah bekerja, sebanyak 20 orang siswa diterima sebagai karyawan di perusahaan elektronik Sumitomo. Sementara 21 siswa diterima sebagai tenaga pengelasan di PT Caterpillar dan 10 siswa di PT Nov Profab. Sedangkan seorang siswa lainnya bekerja di PT Batamec sebagi tenaga permesinan kapal.

"Tentunya, anak-anak yang lulus dan langsung bisa bekerja menjadi kebanggaan bagi semua pihak, baik siswa, orangtua maupun pihak sekolah. Kami terus berupaya membuka kerjasama dengan berbagai industri, agar semakin banyak peluang lulusan dari SMKN 05 bisa bekerja pasca-kelulusan," pungkasnya.

Tidak hanya di sejumlah perusahaan, lulusan SMKN 05 juga diperhitungkan untuk rekrutmen abdi negara. Terbukti, 3 orang lulusan SMKN 05 tahun 2022 diterima jadi abdi negara di Bintara Polri.

Editor: Gokli