Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bandara Hang Nadim Batam Resmi Dikelola PT BIB 25 Tahun ke Depan
Oleh : Aldy Daeng
Jumat | 24-06-2022 | 18:46 WIB
menko-airlangga111.jpg Honda-Batam
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto saat menghadiri serah terima pengelolaan Bandara Hang Nadim Batam ke PT BIB. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bandara Internasional Hang Nadim Batam resmi dikelola PT Bandara Internasional Batam (BIB) selama 25 tahun ke depan dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, serah terima pengoperasian Bandara Hang Nadim dilakukan oleh Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) Muhammad Rudi kepada Pikri Ilham Kurniansyah selaku Direktur Utama Pelaksana Badan Usaha Pelaksana PT BIB. Jumat (24/6/2022) siang

Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan, setelah penandatanganan kerjasama pada tanggal (21/12/2021) diharapkan bisa menjadi langkah awal yang baik dalam pembangunan dan pengelolaan Bandara Batam.

"Hari ini Bandara Hang Nadim memulai sejarah baru dengan diserahterimakannya pengelolaan dari BP Batam BUBU Hang Nadim kepada PT. BIB, selain meningkatkan dunia pariwisata dan lainya, hal ini juga bisa meningkatkan paradigma market Batam sebagai Cargo Hub," ungkap Muhammad Rudi.

Menteri koordinator bidang perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, akselerasi kerjasama pembangunan dan pengelolaan bandara internasional hang nadim diharapkan bisa selesai dengan secepatnya, agar perekonomian Batam segara meningkat.

"Batam merupakan super spesial, di Batam ada free tred zone, di dalam free tred zone, ada dua kawasan spesial lagi, ini merupakan kawasan satu-satunya yang ada di Indonesia," kata Menko Airlangga Hartarto.

Direktur utama PT Bandara Internasional Batam (BIB), Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan, atas dukungan dari Menko Airlangga, sehingga kerjasama KPBU dengan PT. BIB berjalan dengan lancar.

"Hari ini akan menjadi hari yang bersejarah bagi Bandara Internasional Hang Nadim Batam, dimana sebelumnya telah dilakukan penandatanganan MoU, dan telah diselesaikan semua persyaratan pendahuluan selama 6 bulan," ucap Pikri.

Pikri berharap kehadiran PT. BIB, akan menjadikan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, bisa menjadi bandara kebanggaan masyarakat Batam dan mampu bersaing di kancah internasional.

"Proses KPBU ini tidak terlepas dari peran penting Menko Airlangga dan lintas kementerian lainnya, yang membuka kesempatan strategis bagi para investor untuk berinvestasi di Batam," jelas Pikri Ilham Kurniansyah.

Pikri Ilham menambahkan, mulai hari ini (24/6/2022), Sudah mulai dibuka penerbangan internasional melalui Bandara Hang Nadim pasca pandemi covid-19.
"Jumlah penumpang meningkat secara signifikan dalam tiga bulan terakhir, itu menunjukkan berkah bahwa Batam akan lebih maju lagi," kata Pikri.

Editor: Yudha