Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lewat Razia, Polsek Sagulung Sadarkan Masyarakat Tak Terjerumus Perjudian Chip Domino
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 20-06-2022 | 12:12 WIB
HDI-Panda.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Salah satu jenis permaian di aplikasi Higgs Domino Island. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polsek Sagulung menggelar razia ke sejumlah tempat untuk menyadarkan masyarakat di wilayah hukumnya tak terjerumus perjuadian Chip Domino.

Razia yang dilakukan beberapa hari lalu itu menyasar warung-warung dan kedai kopi. Dalam razia itu, ada tiga orang penjual chip bersama pemaian game yang diamankan.

"Mereka yang kita amankan itu kita beri pembeniaan dan pengarahan agar tak terjerumus ke dalam perjuadian. Hal ini juga untuk menjaga Kamtibmas di wilayah Sagulung," ungkap Kapolsek Sagulung, Iptu Nyoman Ananta, Senin (20/6/2022).

Lanjut Kapolsek, warga yang terjaring razia itu juga telah berjanji tidak akan mengulangi melakukan perjudian Chip Domino dan perjuadian lainnya.

Dengan adanya razia itu, seketika poster-poster di sejumlah warung dan konter penjualan pulsa bertuliskan 'Jual Chips' dan 'Terima Top Up Chip Higgs Domino' langsung hilang. Bahkan, beberapa agen yang mencoba berbisnis dari Chip Domino itu sudah tak beroperasi lagi.

"Sejak ada yang ditangkap dan ada lagi razia, sudah susah sekarang mau beli dan jual chip. Para agen tak nampak lagi," ungkap Jhonson, salah satu warga suka bermain game itu.

Di sisi lain, tindakan Polsek Sagulung yang memberikan pengarahan dan pembinaan kepada penjual Chip Domino maupun pemain agar tak terjerumus ke perjudian, diapresiasi warga. Sebab, upaya pre-emtif dan preventif yang dikedepankan Polsek Sagulung, dinilai lebih bisa menyadarkan masyarakat ketimbang melakukan pemenjaraan.

"Harusnya kan begitu, sadarkan dulu masyarakatnya. Bukan langsung tangkap dan penjarakan. Cara-cara Polsek Sagulung dengan mengedepankan pre-emtif dan preventif, sudah sangat bagus," ungkap Siregar, salah satu warga.

Dikatakan Siregar, game Higgs Domino yang kini tengah banyak diunduh pengguna smartphone di Play Store maupun App Store, menjadi dilema. Di sisi lain dianggap perjudian, di sisi lainnya merupakan game biasa yang sama dengan game-game lain yang dengan sangat mudah diunduh menggunakan smartphone itu.

"Sampai sekarang yang belum masyarakat ketahui, disaat kapan bermain game Higgs Domino ini menjadi perjuadian dan disaat kapan itu bukan perjudian? Karena aplikasinya tersedia di Play Store dan App Store," kata Siregar, yang mengaku awam dengan hukum terkait perjuadian.

Editor: Gokli