Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gandeng DCM Bandung, Disdik Batam Klaim PPBD Online 2022 Bakal Lebih Baik
Oleh : Aldy
Senin | 30-05-2022 | 11:36 WIB
kadisdik-btm.jpg Honda-Batam
Kadisdik Batam, Hendri Arulan. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Pendidikan Batam, tengah mempersiapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022, dengan menggandeng vendor aplikasi dari perusahaan Dwitama Cipta Media (DCM) yang berasal dari Kota Bandung.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam, Hendri Arulan mengatakan, pihaknya telah melakukan pengembangan sistem, guna mempermudah orang tau atau siswa dalam pendaftaran masuk sekolah tahun ini.

"Untuk aplikasi PPDB, kami melakukan pengembangan dengan menggunakan tenaga ahli agar kekurangan-kekurangan tahun lalu tidak terulang lagi tahun ini," ungkap Hendri Arulan, Senin (30/5/2022).

Hendri menjelaskan, sebagai bagian dari kesiapan, Disdik Batam sudah melakukan ujicoba pada aplikasi PPDB tersebut. Masyarakat sudah bisa mendownload aplikasi PPDB di Google play, atau di [ https://demo.ppdbbatam.id ].

"Sudah seminggu ini kita buka link untuk demo, orang tua atau siswa sudah bisa mencobanya," ujar Hendri Arulan.

PPDB dilakukan secara daring dan luring, meliputi satuan pendidikan penerima peserta didik baru SD dan SMP yang terbagi menjadi 4 jalur.

Jalur Zonasi, diperuntukkan bagi peserta didik yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang telah ditetapkan Walikota Batam. Dengan kuota untuk tingkat SD sebanyak 80 persen, dan untuk tingkat SMP sebanyak 50 persen.

Kemudian jalur Afirmasi, diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu atau penyandang disabilitas. Dengan kuota untuk tingkat SD sebanyak 15 persen, dan untuk tingkat SMP sebanyak 15 persen.

Lalu untuk jalur Perpindahan, diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari perpindahan tugas orang tua/wali yang dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang memperkerjakan. Jalur ini diberikan kuota untuk SD sebanyak 5 persen, dan untuk tingkat SMP pun sama sebanyak 5 persen.

Terahir jalur Prestasi, khusus jalur ini hanya diperuntukkan bagi peserta didik berprestasi yang ditentukan berdasarkan surat keterangan peringkat nilai raport dari sekolah asal dan atau prestasi bidang akademik & non akademik pada tingkat internasional, nasional, provinsi, atau kota. Jalur ini pun hanya untuk tingkat SMP, dengan kuota sebanyak 30 persen.

Untuk jadwal Jadwal PPDB, jenjang SD, Pendaftaran dimulai pada tanggal 6-10 Juni 2022, pengumuman pada tanggal 14 Juni 2022 pukul 13.00 WIB, lalu pendaftaran ulang pada tanggal 16-18 Juni 2022.

Sementara untuk jenjang SMP, pendaftaran pada tanggal 17-22 Juni 2022, pengumuman pada tanggal 25 Juni 2022 Pukul 13.00 WIB, lalu pendaftaran ulang pada tanggal 27-29 Juni 2022.

Editor: Gokli