Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam Gesa Pembangunan Container Yard di Pelabuhan Batuampar
Oleh : Paskalis RH
Senin | 23-05-2022 | 16:20 WIB
Dendi-G.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Dendi Gustinandar, didampingi Kabag Humas Sazani, saat merilis progres pembangunan container yard di Pelabuhan Batuampar, Senin (23/5/2022). (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam terus menggesa pembangunan container yard seluas 1,8 hektar di Pelabuhan Batuampar. Proyek tersebut diperkirakan akan tuntas pertengahan tahun ini.

Hal itu disampaikan Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Dendi Gustinandar, yang didampingi Kabag Humas Sazani, saat menggelar konferensi pers di ruangan humas BP Batam, Senin (23/5/2022).

"Proses pembangunan container yard seluas 1,8 Ha masih terus dikerjakan. Pengerjaan itu diperkirakan akan tuntas pada pertengahan tahun ini. Sementara proyek pembangunan container yard seluas 2 Ha telah selesai dilakukan," kata Dendi.

Dendi mengatakan Container Yard seluas 2 Ha di Pelabuhan Batuampar yang telah dibangun dapat menampung lebih dari 50 ribu TEUs setiap tahun. "Best Praktis 1 Ha dengan asumsi duelingnya itu 5 hari. Kira-kira bisa menampung 50 ribu TEUs," ujarnya.

Ia juga menyebutkan volume Pelabuhan Batuampar pada tahun 2021 mencapai 510 ribu TEUs, angka tersebut mengalami kenaikan 17,8 persen dibanding tahun lalu. Sementara itu, valume seluruh pelabuhan di Batam mencapai 610 ribu TEUs.

Untuk mengakomodir kegiatan bongkar muat itu, kata Dendi, BP Batam berencana akan kembali melakukan pembangunan lahan seluas 8,2 Ha untuk menjadi container yard dari keseluruhan lahan sebesar 10 Ha di Pelabuhan Batuampar.

Di samping itu, pihaknya juga sedang melakukan pendalaman arus atau dredging hingga minus 12 mLWS. Dengan begitu, pada tahun depan diperkirakan kedalaman rata-rata dari 2/3 wilayah alur laut bisa minus 12 mLWS. Sehingga kapal-kapal lebih besar bisa masuk ke alur pelayaran di Batuampar.

Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan bongkar muat di Pelabuhan Batuampar, BP Batam telah memesan satu unit container crane. Saat ini, operasional bongkar muat di pelabuhan menggunakan mobile crane.

Crane tersebut hanya mampu melakukan bongkar muat sebanyak 8 kontainer per jam. Sedangkan dengan container crane yang dipesan tersebut bisa melakukan bongkar muat hingga 24 kontainer per jam. "Guna peningkatan pelayanan, BP Batam telah membeli satu container crane. Sebab, kalau menggunakan mobil craine tidak begitu efektif," tambah Dendi.

Dendi mengungkapkan apabila menggunkanan mobile craine hanya mampu melakukan bongkar muat sebanyak 8 kontainer per jam. Sedangkan dengan container crane yang dipesan, bisa melakukan bongkar muat hingga 24 kontainer per jam.

"Kalau dengan dengan Container Crane, pekerjaannya lebih efisien. Upaya ini dilakukan agar pelayanan di Pelabuhan Batuampar lebih ditingkatian," tandasnya.

Editor: Gokli