Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPD RI Minta 5 Penjabat Gubernur Tidak Berpolitik Praktis
Oleh : Irawan
Jum\'at | 13-05-2022 | 10:40 WIB
sultan_b_najamuddin_b5.jpg Honda-Batam
Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin (Foto: DPD RI)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin menyampaikan selamat atas dilantiknya lima Pejabat (Pj) Gubernur oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mewakili Presiden Joko Widodo pada Kamis (12/5/2022).

"Kami mengucapkan selamat dan proffisiat atas dilantiknya lima orang Pj Gubernur yang ditugaskan oleh pemerintah untuk mengisi kekosongan kepemimpinan daerah di lima provinsi. Dengan masa jabatan Pj Gubernur yang terbilang sangat lama, kita ingin beliau-beliau ini mampu menjawab keraguan publik dengan karya dan mampu melalukan terobosan dalam proses mewujudkan kesejahteraan masyarakat daerah yang dipimpinnya masing-masing," kata Sultan Najamuddin dalam keterangan resminya, Kamis (12/4/2022) petang.

Menurutnya, sebagai Pj Gubernur yang ditunjuk melalui proses politik birokrasi, diharapkan mampu memberikan solusi alternatif dalam proses pembangunan daerah secara lebih baik.

Sebab, waktu dua tahun cukup panjang bagi Pj Gubernur untuk melakukan perubahan yang signifikan di daerah.

"Meskipun tidak ditunjuk langsung oleh masyarakat daerah melalui proses politik yang demokratis, jangan sampai kita menganggap jabatan tersebut hanya sebagai formalitas belaka. Kita tentu berharap agar jabatan itu tidak dimanfaatkan oleh elit politik sebagai peluang politik praktis dalam kontestasi politik ke depannya," tegas Sultan.

Sehingga Sultan mengingatkan agar para Pj kepala daerah berkomitmen menjalankan tugasnya sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

Diketahui, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, melantik penjabat (Pj) kepala daerah Kamis (12/5/2022).

Total ada 5 Pj gubernur yang dilantik yakni Gubernur Banten, Gorontalo, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi dan Papua Barat.

Editor: Surya