Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspadai Aksi Kejahatan Jelang Lebaran, Kapolsek Sagulung Imbau Warga Tingkatkan Siskamling
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 25-04-2022 | 12:40 WIB
kapolsek_sagulung-ananta-0012.jpg Honda-Batam
Kapolsek Sagulung Iptu Nyoman Ananta Mahendra S.Tr.K. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolsek Sagulung Iptu Nyoman Ananta Mahendra S.Tr.K mengimbau masyarakat untuk mewaspadai aksi kejahatan menjelang lebaran atau hari raya Idul Fitri.

Pasalnya, aksi-aksi kejahatan, baik pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan maupun pencurian kendaraan, kerap dimanfaatkan para kawanan pelaku kejahatan di momen-momen hari besar.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi tindak pidana pencurian, Ananta mengingatkan masyarakat Batam, khususnya Sagulung, agar memastikan rumah dalam keadaan terkunci pada saat ditinggalkan mudik lebaran.

"Apabila masyarakat yang akan mudik lebaran disarankan untuk menitipkan rumah yang ditinggal kepada tetangga dan melaporkan ke ketua RT setempat agar selalu dipantau oleh security setempat," imbau Ananta, baru-baru ini.

Ananta juga mengajak seluruh masyarakat untuk memberdayakan sistem keamanan lingkungan (Siskamling). Karena sebagai lini depan dalam menjaga situasi kemanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan masing-masing.

"Rumah yang ditinggali agar mengecek listrik ataupun kompor agar di pastikan semua telah di matikan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran," jelas Ananta.

Kanit Reskrim Polsek Sagulung Ipda Hasmir menambahkan, masyarakat jangan menggunakan perhiasan yang berlebihan di tempat umum, karena hal itu dapat mengundang tindak kriminal.

Untuk perusahaan yang libur saat lebaran Idul Fitri, agar diberdayakan security lebih aktif mengecek kantor ataupun perusahaan yang memiliki asset berharga sehingga tidak ada kesempatan dan niat pelaku untuk melakukan pencurian,” tutup Hasmir.

Editor: Yudha