Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

JICA Saksikan Simulasi Temuan Bom di Bandara Hang Nadim
Oleh : Ali/Dodo
Jum'at | 20-07-2012 | 17:47 WIB

BATAM, batamtoday - Manajemen Bandara Hang Nadim Batam menggelar simulasi penjinakan bom di pintu masuk bandara tersebut dan disaksikan langsung oleh tim Japan International Cooperation Agency (JICA) sekitar pukul 15.00 WIB, Jumat (20/7/2012).


Simulasi itu menggambarkan bom bawaan penumpang ditemukan pada saat adanya temuan di mesin X-Ray, pintu masuk atau keberangkatan Bandara. Satu calon penumpang yang diduga membawa bom langsung diamankan oleh petugas Ditpam Bandara Hang Nadim Batam.

Suasana di terminal Hang Nadim Batam juga tampak tidak biasa dari sebelumnya. Calon penumpang lainnya yang berada di terminal cukup kaget, pasalnya dilakukan simulasi dengan tiba-tiba. Dua orang calon penumpang yang akan mengambil barang bawaannya di mesin X-ray juga ikut terkejut dilakukan pengamanan.

Selain itu petugas juga mengevakuasi lokasi, sehingga tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan. Simulasi ini berjalan sekitar 10 menit. Namun cukup menjadi perhatian calon penunpang meskipun sebelumnya telah diumumkan lewat pusat informasi bandara.

Shingo Aono, Airport Security Trainer JICA mengatakan kegiatan yang didukung lewat peralatan dan pengetahuan yang sudah ada sangat pentiing untuk diketahui oleh masyarakat luas lewat media, sehingga orang yang tidak bertanggungjawab atau akan membuat perbuatan kejahatan maka akan minder atau menghindar.

"Sangat penting diketahui masyarakat luas untuk dipublikasikan agar pelaku kejahatan mikir-mikir untuk melintas atau berbuat kejahatan di Bandara," ujarnya singkat.

Selain itu, tambah pria asal Jepang yang sudah terjun di dunia keselamatan selama 10 tahun, sudah melakukan kegiatan yang sama seperti di Bali, Makassar, Surabaya, Pekanbaru dan Jakarta.

Sementara itu, Setio Utomo, PH Kabid Operasi Darat Bandara Hang Nadim Batam, kegiatan ini untuk menjaga pengamanan di kawasan Bandara Hang Nadim yang langsung disaksikan donatur terbesar di salah satu bandara di tanah air.

"Alat alat ini , salah satu sumbangan JICA di Bandara Hang Nadim, jadi mereka tidak hanya memberikan bantuan namun tetap memantau sejauhmana alat-alat ini dimanfaatkan. Selain itu JICA juga telah memberikan seminar mengenai keselamatan di bandara," ujarnya.