Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kelompok Nelayan di Bintan Dapat Bantuan Pakan
Oleh : Harjo/Dodo
Jum'at | 20-07-2012 | 16:25 WIB
pakan-ikan.gif Honda-Batam
Bantuan pakan yang disalurkan pada kelompok nelayan di Bintan.

TANJUNGUBAN, batamtoday  – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bintan menyerahkan bantuan sebanyak 66 karung pakan ikan kepada sejumlah kelompok nelayan di Kelurahan Tanjungpermai, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Bintan, Jumat (20/7/2012).

 
M. Abduh, koordinator kelompok nelayan Tenggiri Permai kepada wartawan menyebutkan bantuan pakan ikan terdiri 13 karung jenis F999 per 10 kilo, 18 karung jenis 781-2 per 30 kilo, 17 karung jenis 781 per 30 kilo, 18 karung jenis 782 per 30 kilo dan selanjutnya akan menyusul bantuan benih lele akan datang sebanyak 35.970 ekor. 

Menurut sepengetahuannya, untuk Kecamatan Seri Kuala Lobam ada 7 kelompok nelayan yang menerima bantuan pakan dan benih ikan untuk dibudidayakan. Namun demikian, untuk Kelurahan Tanjungpermai ada juga dua kelompok nelayan menerima bantuan. 
 
Abduh yang akrab dipanggil Oman mengaku belum tahu kapan bantuan benih akan didatangkan namun pihak Dinas sudah mengambil sampel air untuk melihat kadar air. 

"Kalau sudah cocok maka bantuan benih turun. Alasan Dinas kenapa pakan dulu, karena kalau benih dulu pasti ikan akan kelaparan jadi maka pakan disalurkan dulu," terangnya. 

Lebih jauh dia mengatakan, sehubungan budidaya ikan lele, ia mengatakan kelompok Tenggiri Permai sudah menyiapkan 6 kolam terdiri 3 kolam ukuran 6 kali 8 meter dan 3 kolam ukuran 4 kali 3 meter. 

Oman mengharapkan bantuan pakan dan benih dari  DKP ini dapat dipergunakan dengan sungguh-sungguh oleh kelompok nelayan. 

"Kami menargetkan Pak Bupati yang akan memanen dan kita harapkan ke depan Kelurahan Tanjungpermai menjadi central budidaya ikan lele. Terkait bantuan ini kita mengharapkan kerjasama kelompok nelayan dan pemerintah tidak putus di sini,” tambahnya.