Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ayo Tanam Pohon di Halaman Rumah
Oleh : redaksi/hijauku
Jum'at | 20-07-2012 | 13:02 WIB

BATAM, batamtoday - Menanam pohon di lingkungan sekitar memiliki banyak manfaat. Pepohonan membuat lingkungan Anda rindang. Pohon bisa menjadi habitat bagi hewan liar dan menambah nilai jual properti Anda.


Situs Stumbleupon menulis, pohon juga menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen yang menyegarkan udara. Jika ditanam dan diletakkan dengan benar, pohon bisa membantu Anda mengurangi biaya energi. Pohon yang besar dan rindang bisa membantu mendinginkan rumah dan lingkungan sekitarnya pada musim panas.


Pada musim hujan, pohon yang rindang bisa menghalangi masuknya udara dingin langsung ke ruangan kita. Ingin mengurangi efek gas rumah kaca? Menanam pohon adalah cara yang tepat! Pohon menyerap gas rumah kaca (karbon dioksida) dari udara dan memakainya dalam proses fotosintesis.

Kayu dan serat pohon juga menyerap karbon. Saat daun gugur dan membusuk, karbon dari daun membantu memupuk tanah sehingga pohon bisa tumbuh dengan subur. Pohon juga menjadi rumah dan menyediakan makanan bagi binatang liar.

Pohon juga menarik burung untuk datang. Burung bisa bersembunyi di pohon jika ada ancaman dan bahkan membangun sarang. Tupai dan mamalia kecil lain juga memakai pohon sebagai sarang dan sumber pangan.

Pastikan Anda memilih jenis pohon yang sesuai yang bisa menjadi sumber pangan bagi hewan-hewan liar di lingkungan Anda. Sebelum menanam pohon ada baiknya jika Anda mentaati aturan penanaman pohon.

Ada daerah  yang mengatur detail letak dan jarak penempatan pohon. Pastikan pohon yang Anda tanam tidak merusak fasilitas umum di lingkungan Anda.