Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kementerian ESDM Tinjau Penanaman Mangrove di Lokasi Reklamasi PT Timah Tbk
Oleh : Freddy
Jumat | 25-03-2022 | 15:16 WIB
kementerian-esdm-kundur1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Tim dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) tinjau lokasi reklamasi PT Timah Tbk di Kundur. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Direktorat jenderal Mineral dan Batu Bara melakukan penilaian terhadap penanaman mangrove di lokasi reklamasi yang dilakukan oleh PT Timah Tbk Unit Produksi Kundur.

Kegiatan penilaian dilakukan selama dua hari, mulai Rabu (23/3/2022) hingga Kamis (24/3/2022) dan dihadiri oleh Plt Direktur tehnik dan lingkungan Kementerian ESDM dan Batubara, Muhammad Wafid berserta tim.

Muhammad Wafid mengatakan berdasarkan hasil pemantauan dan penilaian tim terhadap reklamasi yang dilakukan PT Timah Tbk dengan penanaman mangrove di pesisir pantai di Kundur Barat sudah baik dari sisi pertumbuhan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

"Secara kualitatif kegiatan reklamasi penanaman mangrove sudah sangat baik dan sesuai dengan yang direncanakan. Secara teknis nanti akan dievaluasi secara parsial dan secara kuantitatif nanti akan disampaikan oleh tim yang secara periodik melakukan pengecekan," kata Muhammad Wafid, dalam siaran pers, Jumat (25/3/2022).

Menurut Muhammad Wafid sebenarnya PT Timah Tbk di unit Produksi Kundur secara konsisten melakukan penanaman mangrove sebagai upaya reklamasi dan ini sudah dilakukan sejak tahun 2017 hingga tahun 2021 sebanyak 28.500 batang mangrove yang telah ditanam di Karimun maupun di Kundur. Mangrove memiliki berbagai fungsi, antara lain untuk mengurangi abrasi pantai yang terjadi setiap tahun dan selain itu mangrove akan membantu perbaikan ekosistem laut.

"Reklamasi dalam dunia pertambangan seperti yang dilakukan oleh PT Timah sudah cukup bagus. Karena selain penanaman yang melibatkan masyarakat sekitar, untuk perawatan juga tetap mengajak masyarakat sekitar, sehingga ini memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat," jelas Muhammad Wafid.

Selain itu kawasan yang ditanam mangrove ini menjadi kawasan yang memiliki daya tarik baru , hal ini juga akan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

"Pasti masyarakat yang melakukan pembudidayaan bibit mangrove akan terbantu dengan kegiatan ini diharapkan kedepan kegiatan reklamasi yang dilakukan oleh PT Timah dapat terus berkelanjutan dan juga dengan inovasi inovasi baru," pungkasnya.

Editor: Yudha