Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penonton MotoGP Mandalika Dibatasi 60 Ribu, Syarat Antigen Dihapus
Oleh : Redaksi
Selasa | 15-03-2022 | 13:24 WIB
A-mandalika-SIRKUT1.jpg Honda-Batam
Sirkuit MotoGp Mandalika. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemerintah menerbitkan aturan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Pulau Jawa dan Bali. Dalam aturan tersebut, juga tercantum mengenai ketentuan penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika, 18-20 Maret 2022.

Aturan itu tertuang dalam Inmendagri Nomor 17 Tahun 2022 yang ditandatangani Mendagri Tito Karnavian. Dalam Inmendagri tersebut, sejumlah aturan mengenai MotoGP di antaranya pembatasan kapasitas hingga dihapuskan syarat tes rapid antigen.

"Jumlah penonton yang diizinkan masuk paling banyak 60 ribu orang, dengan kelas festival maksimal 10 persen dari jumlah penonton," kata Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/3/2022).

Safrizal melanjutkan, syarat vaksinasi Covid-19 juga akan diterapkan dengan ketat selama MotoGP di Mandalika. Berdasarkan aturan dalam Inmendagri, seluruh pembalap, kru, official, hingga penonton yang telah mendapatkan dosis lengkap tidak wajib menunjukkan hasil RT PCR atau rapid test antigen.

Begitu pula bagi penonton yang berasal dari luar Pulau Lombok, tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes rapid test antigen pada saat kedatangan di Lombok, selama yang bersangkutan telah menerima vaksin dua kali.

"Diharapkan dalam penyelenggaraan MotoGP dapat menciptakan multiplier effect bagi ekonomi lokal dan regional melalui upaya memaksimalkan pelibatan UMKM, sehingga mampu meningkatkan dan mempercepat agenda pemulihan ekonomi nasional," tuturnya.

Seperti diketahui, seri kedua MotoGP 2022 bakal dilangsungkan di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Ajang balap tersebut akan berlangsung pada Jumat hingga Minggu, 18-20 Maret 2022.

Menurut Safrizal, Presiden Joko Widodo juga direncanakan hadir dalam ajang tersebut pada Minggu, 20 Maret 2022.

Live streaming MotoGP Mandalika bisa ditonton melalui CNNIndonesia.com, sementara siaran langsung balapan dapat disimak di Trans7.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha